ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM LYN R RUTE KALIMAS - JEMBATAN MERAH PLAZA (JMP) - KENJERAN KOTA SURABAYA

  • Miftaahul Alaa Uddin Unesa
  • Dr. Muzayanah, S.T., M.T. Unesa

Abstract

Abstrak

Angkutan Umum Lyn R adalah salah satu Angkutan Umum yang berada di Kota Surabaya dengan tujuan Terminal Kalimas-Jembatan Merah Plaza (JMP)-Kenjeran. Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya yang aktif tahun 2021 terdapat 81 armada dari 85 armada yang aktif di tahun 2017. Hasil wawancara dengan Paguyupan sopir Angkutan Umum Lyn R yang aktif  beroperasi sebanyak 35 armada di tahun 2021 sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kepuasan penumpang Angkutan Umum Lyn R di Kota Surabaya meliputi kelancaran dan kecepatan, aksesibilitas,  keamanan dan keselamatan, kapasitas, kenyamanan, kondisi sarana Angkutan Umum Lyn R.     

              Jenis penelitian ini adalah penelitian survey menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah penumpang Angkutan Umum Lyn R. Sampel penelitian ini sebesar 50 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring skala likert dengan klasifikasi kelas terdapat kelas pertama: 200-163 sangat baik, kelas kedua: 162-125 baik, kelas ketiga: 124-88 buruk, kelas keempat: 87-50 sangat buruk.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kepuasan penumpang Angkutan Umum Lyn R menunjukan skor rata-rata skor 128 angka ini tergolong pada kelas kedua masuk ke dalam kategori baik. Faktor kepuasan penumpang Angkutan Umum Lyn R yakni kelancaran dan kecepatan yang buruk dengan skor 121, aksesibilitas yang buruk dengan skor 124, keamanan serta keselamatan yang baik dengan skor 143, kapasitas yang baik dengan skor 152, kenyamanan yang buruk dengan skor 113, dan kondisi sarana Angkutan Umum Lyn R yang baik dengan skor 132.

Kata Kunci: Angkutan Umum Lyn R, Faktor Kepuasan, Transportasi

Published
2022-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 134