Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Wisata Pasarean Aer Mata Ebu, Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan - Madura

Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Wisata Pasarean Aer Mata Ebu, Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan - Madura

  • Maria Ulva Margaretha Mahasiswa S1
  • Nugroho Hari Purnomo Dosen Pembimbing

Abstract

Pasarean Makam Aer Mata Ebu sebagai tempat wisata religi menyebabkan perubahan ekonomi yang cukup signifikan bagi sebagian kalangan dari warga Desa Buduran. Masyarakat yang awalnya pengangguran kini mempunyai mata pencaharian. Tujuan utama menjadikan Pasarean Makam Aer Mata Ebu ini bukan utnuk meningkatkan pendapatan ekonomi warga, tetapi secara tidak langsung hal itu berdampak cukup besar bagi pertumbuhan sosial maupun ekonomi warga Desa Buduran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial ekonomi dari pembangunan Pasarean Makam Aer mata Ebu terhadap warga sekitar Pasarean.

                Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif mencakup data hasil wawancara dan data hasil observasi. Populasi penelitian adalah seluruh pedagang dan juru parkir, serta penjaga toilet yang terdapat di area Pasarean. Sampel yang digunakan adalah tiga pedagang, tiga penjaga toilet, dan tiga juru parkir. Data-data yang telah didapatkan kemudian dijabarkan dalam bentuk tabel maupun ditulis secara transparan hasil wawancaranya yang kemudian bisa ditarik kesimpulan oleh peneliti.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembangunan Pesarean Makam Aer Mata Ebu memberikan dampak sosial terhadap warga sekitar yaitu warga desa Buduran kecamatan Arosbaya, yanmg awalnya mereka bekerja serabutan menjadi mempunya mata pencaharian tetap dan jelas sebagai pedagang dan juru parkir. 2) Pertumbuhan ekonomi dengan menjamurnya para pedagang kaki lima di sekitar area Pasarean Aer Mata Ebu, bahkan hasil dari mereka berdagang, menjaga toilet dan menjadi juru parkir bisa memenuhi kebutuhan hidup. Penghasilan yang didapatkan juga setiap bulan di bawah UMK.

Kata Kunci : makam, sosial, ekonomi, pedagang

Author Biography

Nugroho Hari Purnomo, Dosen Pembimbing

Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si., lahir di Yogyakarta pada tanggal 03 09 1974 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 13 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 19. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 74. Memiliki karya buku sebanyak 1.

Published
2022-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 225