ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS KABUPATEN KEDIRI DENGAN METODE OVERLAY

  • Sony Eka Wahyu Gerhana Unesa
  • Dian Ayu Larasati Unesa

Abstract

Kabupaten Kediri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dan memiliki angka kejadian kecelakaan lalu lintas mencapai 1.001 kejadian pada tahun 2020 dan 834 kejadian pada tahun 2021 atau turun 16,6%. Angka kejadian turun akan tetapi terjadi peningkatan jumlah korban dari 1.301 korban tahun 2020 menjadi 1.448 korban tahun 2021 atau naik 11,3%. Kejadian kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Kediri tersebar pada semua wilayah kecamatan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis daerah rawan kecelakaan Kabupaten Kediri 2) Memetakan daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Kediri.

Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskriptif. Sumber data merupakan data sekunder dari Satlantas Polres Kediri Kabupaten tahun 2020 dengan subjek penelitian ini adalah wilayah Yurisdiksi Satlantas Polres Kediri Kabupaten. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan pengamatan data kecelakaan tahun 2020 yang diambil dari Satlantas Polres Kediri Kabupaten. Analisis data menggunakan overlay yang menghasilkan sistem informasi geografis dalam bentuk peta yang berisi informasi terkait data. Penyusunan sistem informasi geografis ini menggunakan aplikasi Arcgis.

Hasil penelitian menyatakan 1) Daerah rawan kecelakaan tinggi tersebar di empat kecamatan yakni Pare, Ngadiluwih, Gurah, Ngasem, sedangkan tingkat kerawanan sedang tersebar di sembilan kecamatan yakni Wates, Kras, Kandat, Pagu, Plosoklaten, Kepung, Papar, Purwoasri, Plemahan, lalu tingkat kerawanan rendah tersebar di delapan kecamatan yakni Kayen Kidul, Badas, Ringinrejo, Ngancar, Gampengrejo, Puncu, Kandangan, Kunjang 2) Pemetaan daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Kediri menunjukkan di daerah Kecamatan Purwoasri, Papar, Gampengrejo, Kayen Kidul, Plemahan, Kunjang, Badas, Kandangan, kemudian di Kandat, Ringinrejo, Wates, Ngancar, Plosoklaten, Puncu, Kepung berkisar dari kategori sedang hingga relatif cukup aman terhadap kecelakaan lalu lintas sedangkan untuk daerah kategori kecelakaan tinggi terjadi di Pare, Gurah, Ngadiluwih, Ngasem.

Kata Kunci: overlay, pemetaan, daerah rawan kecelakaan

Published
2022-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 271