ANALISIS TINGKAT DAN ARAH PERKEMBANGAN WILAYAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2010-2019

  • Erza Novie Faradila Unesa
  • Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. Unesa

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Timur yang letaknya strategis dekat dengan ibukota provinsi, yakni Kota Surabaya, membuat wilayah Sidoarjo menjadi pintu masuk bagi daerah-daerah sekitar yang akan ke Kota Surabaya. Data dari BPS Kabupaten Sidoarjo menunjukkan bahwa pada tahun 2018 penduduk Sidoarjo meningkat sebanyak 0,42% sedangkan pada tahun 2019 meningkat menjadi 2,23% yang mengakibatkan perubahan lahan karena menyesuaikan kebutuhan masyarakat seperti lahan terbuka menjadi area pemukiman ataupun fasilitas-fasilitas pendukung yang lain. Penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat perkembangan wilayah Kabupaten Sidoarjo, (2) arah perkembangan wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan keruangan. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Sidoarjo. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber pada arsip dan dokumen BPS Kabupaten Sidoarjo. Teknik untuk menganalisis tingkat perkembangan wilayah menggunakan Indeks Perkembangan Wilayah yang didapat dari hasil komposit variable yang telah terstandarisasi. Untuk menganalisis perkembangan wilayah secara fisik menggunakan analisis citra multitemporal google earth tahun 2010 dan 2019. Alat untuk menganalisis perkembangannya menggunakan aplikasi QGIS 2.18 dengan cara meng-overlay citra tahun 2010 dan 2019.

Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat perkembangan yang tinggi terdapat pada 1 wilayah yakni Kecamatan Sidoarjo. Kecamatan yang memiliki tingkat perkembangan wilayah sedang yang tergolong wilayah sedang terdiri dari 14 kecamatan yakni Kecamatan Tarik, Prambon, Tanggulangin, Candi, Tulangan, Wonoayu, Sukodono, Buduran, Sedati, Gedangan, Krian, Waru, Taman dan Balongbendo. Kabupaten Sidoarjo memiliki 3 wilayah dengan tingkat perkembangan wilayah rendah yang tergolong wilayah tertinggal yakni Kecamatan Krembung, Kecamatan Porong, dan Kecamatan Jabon. (2) Arah perkembangan wilayah Kabupaten Sidoarjo mengarah ke utara dan selatan pada Kecamatan Waru, Kecamatan Taman, dan Kecamatan Sidoarjo.

Kata Kunci: Tingkat perkembangan wilayah, Arah perkembangan wilayah, Perkembangan wilayah.

Published
2022-09-06
Section
Articles
Abstract Views: 397