Analisis Faktor Penentu Lokasi Pasar Kota Gresik

  • Aprilia Dwi Susanty UNESA
  • Dr. Rindawati, M.Si UNESA

Abstract

Abstrak

Hasil pra survey dengan pengelola Pasar Kota Gresik menunjukkan bahwa pembangunan Pasar Baru yang berdampingan dengan Pasar Kota Gresik menyebabkan penurunan pengunjung sebesar 10% setiap harinya. Duapuluh satu  pedagang berpendapat bahwa penurunan pengunjung disebabkan karena revitalisasi pasar yang kurang sesuai dengan harapan pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu lokasi Pasar Kota Gresik.

Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner dan wawancara. Faktor penentu lokasi perlu dilakukan dengan analisis secara teoritis dan empiris yang diukur berdasarkan Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan  bantuan aplikasi Expert Choice V.11.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor  penentu lokasi dari segi kondisi sosial dan ekonomi menjadi penentu utama dalam pembangunan lokasi Pasar Kota Gresik dengan nilai 0,529.  Sub kriteria variabel kondisi fisik terdapat faktor daerah tidak rawan bencana menjadi faktor utama dengan nilai 0,662. Sub kriteria variabel kondisi sosial dan ekonomi terdapat faktor dekatnya lokasi pasar dengan pemukiman menjadi faktor utama dengan nilai 0,695. Sub kriteria variabel fasilitas terdapat faktor ketersediaan jaringan air & listrik menjadi faktor utama dengan nilai 0,634. Sub kriteria variabel aksesibilitas terdapat faktor ketersediaan jaringan jalan memadai lokasi pasar menjadi faktor utama dengan nilai 0,634.

Kata Kunci : Penentu Lokasi, Pasar, Pedagang

 

Abstract

Result of pre-survey with manager of Pasar Kota Gresik has construction of Pasar Baru Gresik which adjacent to Pasar Kota Gresik by 10% visitor decrease. Twenty-one traders argue that decline visitor was due to market revitalization not line with traders expectation. This study to analyz determinant of Pasar Kota Gresik location.

The type of research is quantitative descriptive with a survey. Data collection used observation, questionnaires and interviews. The determinant of location do theoretical and empirical analysis with Analytic Hierarchy Process used Expert Choice V.11. The result of study explain that social and economic conditions are the main determinant construction of Pasar Kota Gresik with  0,529 value.

Based on sub-criteria physical condition there’s non-disaster prone are is the main factor with 0,814 value. Based on sub criteria social and economic conditions there’s close location of market with settlements being main factor with 0663 value. Based on sub-criteria of facility there is a water & electricity network availability as the main factor with 0,695 value. Based on sub-criteria of accessibility there is availability of adequate road network in the market location being main factor with 0,643 value.

Keyword : Location, Market, Trade

 

Published
2022-10-05
Section
Articles
Abstract Views: 71