KAJIAN EKSISTENSI PEDAGANG DI SEKITAR MAKAM SUNAN AMPEL KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA SELAMA PANDEMI COVID -19

  • Muhamad Andi Apriyanto Unesa
  • Aida Kurniawati Unesa

Abstract

Hasil survey pendahuluan pada tahun 2022 terjadi penurunan pengunjung sebesar 12% di Makam Sunan Ampel karena dampak dari pandemi Covid-19. Pandemi juga mengakibatkan penghasilan pedagang menurun sebesar 43% namun pedagang masih tetap berjualan demi memenuhi kebutuhan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) Perbedaan penghasilan pedagang sebelum dan sesudah pandemi Covid -19  2) Eksistensi pedagang selama pandemic Covid-19.

Jenis penelitian menggunakan penelitian survei. Lokasi penelitian yaitu di sekitar Makam Sunan Ampel. Populasi pada penelitian ini berjumlah 248 pedagang. Sampel responden para pedagang, pintu masuk barat 22 responden, pintu masuk selatan 23 responden, dan pintu masuk utara 21 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan paired sample t test dengan menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan penghasilan pedagang pintu barat, selatan dan utara akibat Covid -19 dengan nilai yang sama yaitu p = 0,000 < α 0,05. 2) Eksistensi pedagang selama pandemi antara lain berjualan secara online, menyiapkan jasa antar pesanan, pedagang lebih aktif untuk menawarkan dagangannya kepada pengunjung dan memberi diskon ke pengunjung.

Kata Kunci: Pandemi, Covid -19, Penghasilan, Pedagang

Published
2022-10-05
Section
Articles
Abstract Views: 127