Hubungan Antara Problematika Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Menganti

  • Siti Sholikhatun Nadhiroh UNESA
  • Ketut Prasetya UNESA

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang diterapkan selama             pandemi covid-19 berlangsung. Pembelajaran daring sebagai solusi agar proses belajar mengajar (PBM) tetap dapat dilakukan tanpa tatap muka secara langsung antara pendidik dan peserta didik dalam satu tempat yang sama. SMA Negeri 1 Menganti merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran daring selama covid-19. Penerapan pembelajaran daring pada akhirnya menimbulkan hasil belajar siswa kelas X tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 mengalami penurunan sebesar 4% dalam rata-rata hasil belajar siswa. Tahun ajaran 2019/2020 memiliki rata-rata 84,6 dan tahun ajaran 2020/2021 memiliki rata-rata 80,6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara problematika pembelajaran daring dengan hasil belajar geografi siswa kelas X.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu diskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak dan proporsional (proportional  random sampling) yang berjumlah 80 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari jarak, jenis perangkat, status kepemilikan, kecepatan internet, jenis jaringan, kemandirian dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan menyebar angket. Teknik analisis data menggunakan uji Spearman dengan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara problematika jarak (nilai p= 0,000), kecepatan internet (nilai p = 0,009) dan jenis jaringan (nilai p = 0,001) dengan hasil belajar karena nilai p < α (0,05). Tidak terdapat hubungan antara problematika jenis perangkat (nilai p = 0,195), kemandirian (nilai p = 0,861) dan status kepemilikan (nilai p = 0, 560) dengan hasil belajar karena nilai p > α (0,05).  

Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Published
2022-11-03
Section
Articles
Abstract Views: 26