KAJIAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA MASYARAKAT DI DESA TANGGULREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK

  • Faridatun Nikmah Unesa
  • Dra. Ita Mardiani Zain, M. Kes. Unesa

Abstract

Observasi pra-penelitian kepada masyarakat Desa Tanggulrejo untuk perilaku level masyarakat menunjukkan banyak masyarakat yang enggan mengenakan masker dan penjarakan diri minimal 1-2 meter dari orang lain, survey pra-penelitian kepada 8 orang untuk perilaku level individu menunjukkan 5 orang (62,5%) diantaranya tidak membasuh tangan dengan benar, sedangkan 7 orang (87,5%) diantaranya tidak menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pengaruh usia, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan, pekerjaan, riwayat penyakit, pendapatan, sikap, pengetahuan terhadap perilaku pencegahan Covid-19 pada masyarakat di Desa Tanggulrejo, serta 2) variabel apa yang paling berpengaruh.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah 2714 penduduk Desa Tanggulrejo, dan jumlah sampel adalah 97 responden yaitu Dusun Tanggulrejo Dagang 25 responden, Dusun Tanggulrejo Utara 44 responden dan Dusun Tanggulrejo Selatan 28 responden berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin. Penentuan sampel menggunakan teknik Sistematic random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square dan Regresi Logistik berganda.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Variabel yang berpengaruh terhadap perilaku pencegahan Covid-19 di Dusun Tanggulrejo Dagang adalah jenis kelamin (p = 0,008) dan pekerjaan (p = 0,011)(α)=5%, sedangkan di Dusun Tanggulrejo Selatan adalah status perkawinan (p = 0,084) dan pengetahuan (p = 0,080)(α)=10%, dan Tidak ada variabel yang berpengaruh terhadap perilaku pencegahan Covid-19 di Dusun Tanggulrejo Utara. 2) Variabel paling berpengaruh terhadap perilaku pencegahan Covid-19 di Dusun Tanggulrejo Dagang adalah pekerjaan dan pendapatan, sedangkan di Dusun Tanggulrejo Selatan adalah pengetahuan, serta tidak ada variabel paling berpengaruh terhadap perilaku pencegahan Covid-19 di Dusun Tanggulrejo Utara.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Published
2022-11-22
Section
Articles
Abstract Views: 28