ANALISIS KEBERADAAN INDUSTRI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KEBOANANOM KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

ANALISIS KEBERADAAN INDUSTRI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KEBOANANOM KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Aula Indri Lestari Unesa
  • Dr. Muzayanah, S.T., M.T. Unesa

Abstract

Industrialisasi menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam perekonomian dan pembangunan suatu wilayah. Kecamatan Gedangan, Provinsi Jawa Timur, termasuk salah satu kecamatan yang memiliki industri terbanyak di Sidoarjo. Desa Keboananom memiliki total industri sebanyak 16 industri terdiri dari 10 industri besar/sedang dan 6 industri kecil. Keberadaan industri ini membawa dampak sosial ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) manfaat industri di Desa Keboananom terhadap tingkat pendapatan 2) manfaat industri di Desa Keboananom terhadap tingkat kesehatan 3) manfaat industri di Desa Keboananom terhadap tingkat pendidikan 4) tingkat pendapatan dengan kondisi tempat tinggal serta fasilitas yang di miliki masyarakat Desa Keboananom.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah penduduk Desa Keboananom sebanyak 9.469 jiwa penduduk dengan jumlah sampel sebanyak 99. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif persentase dan analisis uji t. hasil analisis uji beda rata-rata diperoleh nilai nilai p sebesar 0,000 (<0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara besar pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah bekerja di industri, yang berarti Ho diterima dan H1 tidak diterima yang artinya secara uji statistik terdapat perbedaaan yang nyata pada rata rata pendapatan masyarakat setelah bekerja di industri.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan industri mempemgaruhi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Desa Keboananom. 1) peningkatan pendapatan dengan kesempatan bekerja sebesar 32% responden 2) akses fasilitas kesehatan sebesar 34% responden 3) tingkat pendidikan dengan peningkatan pendidikan keluarga sebesar 56% responden 4) kondisi tempat tinggal serta fasilitas yang dimiliki dengan kepemilikan kendaraan pribadi dan alat elektronik sebesar 22% responden.
Kata Kunci: Industrialisasi, Kondisi hidup, Kondisi sosial.

Published
2022-12-06
Section
Articles
Abstract Views: 280