Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Ahmad Yani Gedangan Kabupaten Sidoarjo

  • Sari Cahya Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Muzayanah, S.T., M.T. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kabupaten Sidoarjo merupakan Kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak nomer 3 di Jawa Timur Setelah Kota Surabaya dan kota Malang. Banyaknya jumlah penduduk yang meningkat setiap tahun juga akan mempengaruhi pertambahan kendaraan transportasi milik pribadi. Pertambahan kendaraan yang tinggi akan menyebabkan terjadinya kemacetan. Salah satu titik kemacetan di Sidoarjo yaitu di ruas Jalan Ahmad Yani Gedangan. Tujuan analisis penelitian ini yaitu untuk mengetahui kapasitas jalan, kondisi lalu lintas jalan, dan juga analisis kemacetan secara geografis.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis kemacetan pada ruas jalan ini akan dianalisis berdasarkan Manual Kapasitan Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan kajian geografis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kendaraan yang melebihi batas maksimal kapasitas jalan kecuali pada hari sabtu dan minggu pukul 06.00-07.00 WIB. Kajian Geografis menunjukkan jika kemacetan pada ruas jalan Ahmad Yani Gedangan terjadi karena kapasits jalan tidak lagi mampu menampung volume kendaraan. Kemacetan juga menyebabkan terjadinya kebisingan yang selalu melebihi batas dari kebisingan di kawasan perdagangan dan jasa (70 dB).

Kata Kunci : Kemacetan lalu lintas, Kapasitas jalan, Analisis geografis

Published
2022-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 553