PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MENGGUNAKAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 1 KEBOMAS GRESIK

  • Ariyana Sari Unesa
  • Sukma Perdana Prasetya Unesa

Abstract

Abstrak

Hasil observasi pembelajaran daring pada tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 kelas X memiliki penurunan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 1%. Tahun ajaran 2019/2020 memililki nilai rata-rata 70,46 dan pada tahun ajaran 2020/2021 mengalami penurunan pada nilai rata-rata 69. Media pembelajaran infografis diperlukan untuk mata pelajaran Geografi materi pokok dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis (1) kelayakan media infografis yang sudah dikembangkan, (2) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media infografis dan media buku.

Penelitian dilakukan dengan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling purposive dengan desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif yaitu subyek uji coba pada penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kebomas Gresik yang terdiri dari kelas X Ips 2 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan metode ceramah media infografis dan kelompok kelas kontrol X Ips 3 dengan metode ceramah media buku. Metode pengumpulan data adalah lembar validasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test untuk mengukur perbedaan dari media buku dan media infografis terhadap hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Media pembelajaran infografis yang memuat KD 3.7 kelas X Ips yang menjelaskan mengenai dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan telah memperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media sebesar 78% dengan kategori layak. (2) Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80,1% setelah tes, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 74,3%. Ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media infografis dan media buku ditunjukkan dengan independent t- test antara kelas X Ips 2 dan kelas X Ips 3 mendapat nilai p sig (2-tailed) 0,000.

Kata Kunci : Dinamika hidrosfer, Media infografis, Hasil belajar, N - Gain, ADDIE

 

Abstract

The results of observing online learning in the 2019/2020 and 2020/2021 academic years for class X have an average decrease in student learning outcomes of 1%. The 2019/2020 school year has an average score of 70.46 and in the 2020/2021 school year it has decreased to an average score of 69. Infographic learning media is needed for Geography subject subject matter dynamics of the hydrosphere and its impact on life. This study aims to analyze (1) the feasibility of infographic media that has been developed, (2) Differences in student learning outcomes using infographic media and book media. The research was conducted using the research and development (R&D) method with the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation). This sampling technique used a purposive sampling technique with a research design using descriptive research, namely the test subjects in the study were class X students of SMA Negeri 1 Kebomas Gresik consisting of class X IPS 2 as the experimental group using the infographic media lecture method and the control class group X IPS 3 with the book media lecture method. Data collection methods are validation sheets, observations and tests. Data analysis used the normality test, homogeneity test, paired sample t-test to measure differences between book media and infographic media on learning outcomes. The results of the study showed (1) Infographic learning media containing KD 3.7 class X IPS which explains the dynamics of the hydrosphere and its impact on life has obtained material expert validation results of 85% in the very feasible category. The media expert validation results were 78% in the proper category. (2) The experimental class obtained an average value of 80.1% after the test, while the control class obtained an average value of 74.3%. There are differences in student learning outcomes using infographic media and book media as shown by the independent t-test between class X IPS 2 and class X IPS 3 getting a p sig (2-tailed) value of 0.000. Keywords : Hydrosphere dynamics, Infographic media, Learning outcomes, N - Gain, ADDIE
Published
2023-01-05
Section
Articles
Abstract Views: 192