EFEKTIFITAS APLIKASI KIPIN SCHOOL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS SMA LABSCHOOL UNESA SURABAYA

  • Fatimah Zuhrotu Jannah Unesa
  • Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. Unesa

Abstract

Hasil observasi di SMA Labschool Unesa Surabaya menunjukkan sebanyak 29 dari 30 siswa kelas X IPS SMA Labschool Unesa memiliki nilai Penilaian Tengah Semester dibawah KKM dengan nilai rata-rata 70. Adanya pengaruh pada motivasi belajar yang dapat diketahui pada saat kegiatan belajar mengajar siswa hanya dapat fokus pada 20 menit pertama, 40 menit selanjutnya mayoritas siswa mulai merasa bosan. Motivasi belajar siswa disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran secara maksimal yang berdampak pada hasil belajar siswa. Aplikasi Kipin School merupakan media pembelajaran yang digunakan di SMA Labschool Unesa Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) efektivitas dari penggunaan aplikasi Kipin School terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Labschool Unesa. (2) Efektivitas dari penggunaan aplikasi Kipin School terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Labschool Unesa.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pra-eksperimen. Pengumpulan dan sumber data pada motivasi belajar yaitu menggunakan angket/tabel motivasi sebelum dan sesudah. Pada hasil belajar menggunakan teknik tes (nilai pretest dan posttest). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Labschool Unesa dengan jumalah 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah sebagian siswa kelas X IPS SMA Labschool Unesa, total 16 siswa melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efektivitas aplikasi Kipin School terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi mendapatkan hasil yang baik. Terlihat dari perolehan skor N-Gain siswa dengan menggunakan skala likert yaitu rata-rata nilai 0,34 yang masuk dalam kelompok sedang dengan jumlah 11 siswa. (2) efektivitas aplikasi Kipin School terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran geografi mendapatkan nilai yang baik. Sebanyak 13 siswa masuk pada kategori sedang dengan nilai skor N-Gain rata-rata 0,52 sehingga efektivitas hasil belajar siswa menggunakan aplikasi Kipin School mendapatkan hasil yang baik.

Kata Kunci: Aplikasi Kipin School, Motivasi belajar, Hasil belajar

Published
2023-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 110