ANALISIS PENGARUH KONSENTRASI KARBON DIOKSIDA (CO2) DENGAN KEPADATAN KENDARAAN PADA RUAS JALAN PRABU SILIWANGI SURABAYA

  • Alfiatur Rahmatin Unesa
  • Muzayanah Muzayanah Unesa

Abstract

Kota Surabaya merupakan wilayah urban dengan aktivitas kompleks yang tidak lepas dari transportasi. Padatnya transportasi menghasilkan karbon CO2, yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Jumlah pengguna kendaraan pribadi yang meningkat diikuti dengan penggunaan bahan bakar, hal ini menjadi faktor yang menyebabkan CO2 terus meningkat. Sektor transportasi di Surabaya menghasilkan emisi CO2 tertinggi sebesar 366.224 ton CO2/tahun di tahun 2018 diikuti emisi hasil penggunaan sektor energi lainnya. Dampak keberadaan CO2 yang tinggi di udara mengakibatkan pemanasan global,  dampak ini berlangsung dalam proses yang panjang dan luas. Penelitian dilakukan terhadap kepadatan kendaraan dengan konsentrasi CO2 di udara dengan tujuan untuk 1) mengetahui tingkat konsentrasi CO2 dan 2) menganalisis pengaruh konsentrasi CO2 dengan kepadatan kendaraan.

 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan alat hand counter untuk mengukur jumlah kendaraan yang melintas, CO2Analyzer tipe leutron GC-2028 untuk mengukur CO2 di udara, dan stopwatch untuk mengukur waktu pengambilan data. Teknik analisis data menggunakan laju konsentrasi harian untuk mengetahui konsentrasi CO2 rata-rata harian pada lokasi pengambilan dan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan metode Stepwise dengan variabel terikat konsentrasi CO2 rata-rata dan variabel bebas jenis kendaraan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat konsentrasi CO2 di Jalan Prabu Siliwangi tertinggi yaitu 372 ppm pada pukul 09.00 di hari Jum’at dan 2) pada hasil uji Analisis Regresi Linier Berganda Stepwise didapatkan variabel konsentrasi CO2 dipengaruhi oleh variabel kendaraan roda dua (X3) sebesar 27,9%, sedangkan variabel sedan dan jip (X1) serta Pick Up/Truck Kecil/Bus (X2) tidak berpengaruh. Kendaraan roda dua merupakan jenis kendaraan yang berpengaruh secara signifikan  terhadap konsentrasi CO2. Hasil ini berdasarkan perbandingan nilai t dengan kurva, dengan hasil yang diperoleh  t hitung sebesar 3,839.  Model persamaan yang didapatkan yaitu Y= 252,963 – 0,095X1 + 0,216X2 + 0.040X3.

Kata Kunci: Udara Ambien, Kepadatan Kendaraan, Konsentrasi CO2

Surabaya City is an urban area with complex activities and it could not be separated from transportation. The density of transportation produces CO2 carbon, which is one of the greenhouse gases. The increasing number of users of private vehicles followed by the use of fuel is one of factor that causes increase CO2. The transportation sector in Surabaya produced the highest CO2 emissions of 366,224 tons of CO2/year in 2018 followed by emissions from the use of other energy sectors. The impact of the presence of high CO2 in the air results in global warming, this impact takes place in a long and extensive process. Research was conducted on the density of vehicles with CO2 concentrations in the air with the aim of 1) investigate the level CO2 concentration and 2) analyzing the effect of CO2 concentration with vehicle density.

This research was conducted using a descriptive method with a quantitative approach. Data collection uses the hand counter tool to measure the number of vehicles passing by, the GC-2028 leutron-type CO2 Analyzer to measure CO2 in the air, and the stopwatch to measure the  time of data retrieval. The data analysis technique uses the daily concentration rate to determine the daily average CO2 concentration at the retrieval site and Multiple Linear Regression Analysis using the Stepwise method with bound variables of average CO2 concentration and vehicle-type free variables.

The results of the study showed that 1) the highest level of CO2 concentration on Jalan Prabu Siliwangi was 372 ppm at 09.00 on Friday and 2) in the results of the Stepwise Multiple Linear Regression Analysis test, it was found that the CO2 concentration variable was influenced by the two-wheeled vehicle variable (X3) of 27.9%, while the sedan and jeep variables (X1) and Pick Up/ Small Truck/ Bus (X2) had no effect. Two-wheeled vehicles are a type of vehicle that has a significant effect on CO2 concentration. This result is based on a comparison of the value of t with the curve, with the result obtained by t count of 3.839. The equation model obtained is Y=252.963 – 0.095X1 + 0.216X2 + 0.040X3.

Keywords: Air Ambient, Vehicle Density, Concentration of CO2.

Published
2023-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 236