PERSEPSI MAHASISWA UNESA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY

  • Andika Prameswara Unesa
  • Dr. Muzayanah S.T.,M.T. Unesa

Abstract

Media pembelajaran menjadi faktor terpenting dalam menstimulus siwa untuk meningkatkan minat dalam belajar. Berbagai bentuk media pembelajaran sudah diciptakan tetapi masih belum optimal dalam menyelesaikan masalah tersebut. Inovasi baru dibutuhkan dalam media pembelajaran. Pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu inovasi yang cocok untuk media pembelajaran,salah satunya media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Pengetahuan mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis Augmented Reality 2) persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran Augmented Reality dari meningkatkan motivasi belajar 3) persepsi mahasiswa terhadap  media pembelajaran Augmented Reality dari meningkatkan proses pembelajaran.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini berupa survey deskriptif untuk menganalisa segi persepsi mahasiswa unesa tentang media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam pembelajaran geografi. Subjek penelitaian ini berpusat pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang masih dalam kondisi aktif dalam perkuliahan dalam angkatan 2015-2022. Teknik yang digunakan dalam penelitian itu yaitu teknik analisis deskriptif dengan  bantuan kuisioner berbasis goggle form yang disebarkan secara online dan di isi oleh 163 Mahasiswa Universitas Surabaya selanjutnya diolah dengan analisis data skala likert    

Hasil dari penelitian ini didapatkan1) Pengetahuan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dalam media pembelajaran berbasis Augmented Reality menunjukan persesentase sebesar 40% yang termasusk “sangat rendah”  2) Persepsi mahasiswa dari aspek motivasi belajar menunjukan rata-rata presentasi sebesar 80% yang termasuk dalam kategori “Tinggi” dimana sangat setuju media Augmented Reality meningkatkan motivasi belajar.3)Persepsi mahasiswa dari aspek mengakses informasi mendapatkan rata-rata presentasi sebesar 75% yang termasuk dalam kategori “Tinggi” dimana sangat setuju media Augmented Reality meningkatkan proses pembelajaran

Kata Kunci: Augmented Reality, media pembelajaran, geografi. Prespsi

The world of education currently requires innovations in learning media, and the use of digital technology is one of the innovations that are suitable for learning media. One of them is Augmented Reality-based learning media. Augmented Reality is a technology that combines a virtual object in a real dimension so that this combination produces real and virtual world views that can merge in the same place and at the same time. The purpose of this study was to find out 1) student knowledge of Augmented Reality-based learning media 2) student perceptions of Augmented Reality learning media from increasing learning motivation 3) student perceptions of Augmented Reality learning media from improving the learning process.

The method used in this study is a descriptive survey to analyze the perceptions of Unesa students about Augmented Reality-based learning media in geography learning. The subject of this research is centered on Surabaya State University students who are still in active condition in lectures in the 2015-2022 class. The technique used in this study was descriptive analysis technique with the help of a goggle form-based questionnaire which was distributed online and filled in by 163 University of Surabaya students which were then processed by Likert scale data analysis.

The results of this study were 1) Surabaya State University Student Knowledge was very low in Augmented Reality technology 2) Student perceptions from the aspect of learning motivation showed an average presentation of 80% which was included in the "High" category which strongly agreed that Augmented Reality media increased learning motivation. 3) Student perceptions from the aspect of accessing information get an average presentation of 75% which is included in the "High" category which strongly agrees that Augmented Reality media improves the learning process

Keywords: Augmented Reality, learning media, geography. perception

Published
2023-01-16
Section
Articles
Abstract Views: 70