ANALISIS PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KRIPIK TEMPE DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF THE TEMPEH CHIPS HOUSEHOLD INDUSTRY IN NGAWI VILLAGE, NGAWI DISTRICT, NGAWI REGENCY

  • azwar anas unesa
  • Dian Ayu Larasati, Spd., M.Sc. Unesa

Abstract

Abstrak

Industri Keripik Tempe merupakan salah satu industri yang paling dikenal masyarakat Desa Ngawi, Kabupaten Ngawi. Harga yang relatif terjangkau serta mampu mendukung perekonomian masyarakat menjadikan Keripik Tempe menjadi salah satu olahan tempe terbaik. Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Ngawi mengalami beberapa kendala yang menyebabkan industri tidak beroperasi dengan normal dan target industri masih belum tercapai. Akibatnya, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait pengembangan industri keripik tempe. Tujuan penelitian untuk menentukan strategi alternatif pengembangan Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Ngawi agar berkembang lebih optimum dalam mencapai target industri.

Jenis penelitian yang digunakan yakni dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian yang digunakan mencakup Industri Keripik Tempe yang ada di Desa Ngawi dengan mengambil enam responden penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta kuisioner. Analisis data yang digunakan ialah matriks IE (IFE dan EFE) serta matriks SWOT.

Hasil penelitian memperlihatkan skor IFE 3,011 dan skor EFE 3,389 serta alternatif strategi yang dapat digunakan pada pengembangan Industri Keripik Tempe ini ialah dengan strategi intensif, integrative, serta strategi konsentrasi dan berada di kuadran I yakni mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Prioritas strategi jangka panjang ialah Strength Opportunities (SO) yakni dengan meningkatkan kualitas keripik tempe agar berbeda atau memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan para pesaing sejenis, menjalin komunikasi intensif dengan pekerja, pemasok, dan konsumen, memperkuat loyalitas pasar atau konsumen, mengajukan kerjasama dengan dinas atau pemerintah terkait, mengintensifkan penggunaan internet atau media online sebagai media promosi agar pelanggan atau konsumen menjadi lebih loyal serta menambah pelanggan baru.

Kata Kunci: Industri Keripik Tempe, Ngawi, SWOT, Pengembangan Industri

Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 89