PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LITERASI SAINS GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMAN 3 SIDOARJO

  • Wahyu Agustiyas Ariyanti Unesa
  • Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. Unesa

Abstract

Abstrak

Pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai kebutuhan tuntutan abad 21 dapat menjadi upaya untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil survei pendahuluan di SMAN 3 Sidoarjo menunjukkan bahwa 60% dari 10 peserta didik di kelas XI F-11 tidak menyukai kegiatan membaca. LKPD yang digunakan pada pembelajaran geografi sudah bermuatan literasi, namun belum bervariasi sehingga kurang mendukung peserta didik dalam menguasai kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kelayakan LKPD berbasis literasi sains geografi, 2) Menganalisis pengaruh penggunaan LKPD berbasis literasi sains geografi pada materi Indonesia sebagai poros maritim dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik, dan 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis literasi sains geografi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan tanpa tahap disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kelayakan, instrumen tes, serta angket respon peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI F-11 di SMAN 3 Sidoarjo yang berjumlah 31 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD berbasis literasi sains geografi layak menjadi bahan ajar pada pembelajaran geografi dengan penilaian ahli materi sebesar 92,3% dan penilaian ahli pembelajaran sebesar 83,3%, 2) LKPD berbasis literasi sains geografi dinilai dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Hasil paired sample t-test menunjukkan p = 0,000 < α = 0,05 yang berarti ada perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu pretest sebesar 55,48 dan posttest sebesar 80,03. Peningkatan kemampuan literasi peserta didik pada kategori sedang dengan N gain score 0.54, 3) Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis literasi sains geografi secara keseluruhan baik dengan skor sebesar 77%.

Kata kunci: LKPD, Kelayakan, Respon, Literasi Sains Geografi

Abstract

The development of learning tools that are in accordance with the demands of 21st century learning can be used as an effort implemented to support improving the quality of learning. The results of a preliminary survey at SMAN 3 Sidoarjo showed that 60% of 10 students in class XI F-11 did not like reading activities. The worksheets used in geography learning has literacy content, but does not vary so that it does not support students in mastering literacy skills. This study aims to: 1) Analyze the feasibility of geographic scientific literacy-based worksheets, 2) Analyze the effect of using geographic scientific literacy-based worksheets about Indonesia as a maritime axis in improving students' literacy skills, and 3) Know students' responses to geographic scientific literacy-based worksheets.

This research is a type of Research & Development research with the 4D development model by Thiagarajan without the disseminate stage. Data collection techniques used feasibility questionnaires, test instruments, and student response questionnaires. The research subjects were 31 students of class XI F-11 at SMAN 3 Sidoarjo.

The results showed that: 1) Geographic scientific literacy-based worksheets are appropriate to be teaching materials for geography learning with an assessment by material experts of 92.3% and an assessment by learning experts of 83.3%, 2) Geographic scientific literacy-based worksheets are considered to be able to improve students' geographic scientific literacy abilities. The results of the paired sample t-test showed p = 0.000 < α = 0.05, which means that there is a difference in the average pre-test and post-test scores, namely the pre-test score of 55.48 and the post-test score of 80.03. The increase in students' literacy skills is in the medium category with an N gain score of 0.54, 3) The students' responses to worksheets based on geographic scientific literacy are overall good with a score of 77%.

Keywords: Student Worksheets, Feasibility, Response, Geographic Scientific Literacy

Section
Articles
Abstract Views: 112