PEMANFAATAN MEDIA PENDIDIKAN GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GEOGRAFI SISWA SMAN 1 TAMAN PADA KELAS Xl IPS 1

  • Alfiani Sofitri Unesa
  • Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. Unesa

Abstract

Abstrak

Keberhasilan suatu pendidikan pada dasarnya dapat dilihat dari perubahan sikap dan perilaku atau tercapainya hasil belajar yang telah diterima peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 memiliki potensi dan penggunaan data yang dijadikan sumber literasi digital. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa, untuk mengetahui pemanfaatan media Google Earth pada Kompetensi dasar 3.6 Kearifan Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan materi persebaran lahan yang dapat meningkatkan literasi digital pada siswa kelas Xl IPS 1 di SMAN 1 Taman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemanfaatan media Google Earth dapat meningkatkan literasi digital pada peserta didik kelas Xl IPS 1 di SMA Negeri 1 Taman. (2) Efektifitas media Google Earth dapat meningkatkan literasi digital pada peserta didik kelas Xl IPS 1 di SMA Negeri 1 Taman.

Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif, peneliti akan langsung berinteraksi dengan apa yang diteliti, dengan kata lain terjadi pertemuan tatap muka agar peneliti dapat mengetahui langsung kegiatan belajar dan mengajar antara guru dan peserta didik. Jumlah sampel penelitian ini adalah siswa kelas Xl IPS 1 SMAN Taman, dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang yang melakukan proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pemanfaatan media pembelajaran geografi menggunakan Google Earth dapat diperoleh hasil prestest untuk mengetahui hasil nilai pembelajaran sebelum menggunakan Google Earth dan postest untuk mengetahui hasil nilai pembelajaran sesudah menggunakan Google Earth dalam upaya peningkatan literasi digital peserta didik dalam mata pelajaran geografi. (2) Efektifitas media pembelajaran diketahui hasil N-gain interval ≥ 0,7 dengan jumlah 20 peserta didik dengan kriteria tinggi. Hasil interval 0,3 ≤ - ≤ 0,7 memiliki jumlah 9 siswa dengan kriteria sedang yang memiliki jumlah terbanyak kedua, sedangkan pada intreval ≥ 0,3 kriteria rendah berjumlah 2 peserta didik dengan hasil rata-rata 79 yang presentasenya sebesar 64,5% terdapat selisih antara nilai rata-rata pretest dan postest, hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman di meteri pemanfaatan sumber daya alam Indonesia.

Kata Kunci: Media, Google Earth, Literasi Digital

 

Published
2023-02-09
Section
Articles
Abstract Views: 224