KAJIAN PERBANDINGAN POTENSI WISATA PANDANSILI DAN WISATA “LeMbah Ginten” DI KABUPATEN JOMBANG

  • Rahma Nuriil Pahlefi Unesa
  • Agus Sutedjo Unesa

Abstract

Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang terdapat dua wisata dengan karakteristik yang hampir sama yaitu sama-sama wisata buatan berupa pemandian. Kedua wisata tersebut adalah Wisata Pandansili dan Wisata LeMbah Ginten. Jumlah wisatawan pada kedua wisata tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Wisata Pandansili memiliki jumlah kunjungan wisatawan lebih tingi daripada Wisata LeMbah Ginten. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan potensi pada Wisata Pandansili dan Wisata LeMbah Ginten.

Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan komparasi keruangan. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden pada Wisata Pandansili dan 50 responden pada Wisata LeMbah Ginten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik skoring dengan menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi Wisata Pandansili lebih tinggi jika dibandingkan dengan Wisata LeMbah Ginten. Objek Wisata Pandansili memiliki keunggulan pada segi atraksi yang lebih menarik daripada Wisata LeMbah Ginten, fasilitas penunjang yang lebih baik daripada Wisata LeMbah Ginten, dan kelembagaan yang lebih baik daripada Wisata LeMbah Ginten. Aksesibilitas yang dimiliki Wisata LeMbah Ginten lebih baik daripada yang terdapat di Wisata Pandansili. Pelayanan tambahan yang terdapat di Wisata LeMbah Ginten lebih baik daripada yang terdapat di Wisata Pandansili.

Kata kunci: potensi, wisata, atraksi

Published
2023-03-20
Section
Articles
Abstract Views: 62