PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENJUALAN PRODUK BONSAI KELAPA BONS CO_NUT DI JAWA TIMUR

  • Prima Rahman Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan globalisasi dalam bidang komunikasi dan informasi mengubah tatacara bersosialisasi dan berinteraksi antar manusia hingga antar kelompok dengan bentuk media sosial. Menurut data dari APJII tahun 2022, sebanyak 129,2 juta penduduk telah mengakses internet. Sebanyak 73% dari pengguna tersebut adalah para pelaku UMKM yang mengakses internet melalui media sosial. UMKM memiliki berbagai jenis dan metode dalam menjual produknya kepada masyarakat. Salah satu jenis UMKM yang dibahas pada penelitian ini adalah BONS CO_NUT. Penelitian ini akan menganalisis dan mengkaji pengaruh penggunaan media sosial terhadap tingkat penjualan produk bonsai kelapa dari BONS CO_NUT di Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Seluruh proses pada rangkaian penelitian akan dinilai dan dianalisis secara detail untuk menemukan Penelitian ini mengambil sumber dari laporan akhir Kompetisi Inovasi dan Bisnis Mahasiswa bidang agrikultur berupa bonsai kelapa.

Hasil analisis dan kajian teori menjabarkan bahwa BONS CO_NUT menggunakan 6 jenis media sosial yaitu: Facebook, Whatsapp, Instagram, Youtube, Google Maps, dan Tokopedia. Media sosial yang memiliki dampak peningkatan jumlah penjualan adalah Facebook, Whatsapp, dan Google Maps. Sedangkan 3 media sosial lain belum bisa digunakan secara optimal oleh tim BONS CO_NUT. Jumlah omset yang diterima oleh BONS CO_NUT pada periode September 2019 – Juni 2020 sebesar Rp5.475.000,00 sedangkan omset pada periode Juli 2020 – November 2020 sebesar Rp14.306.000,00. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah fungsi media sosial berbeda setiap jenisnya dan menyesuaikan dengan fitur yang tersedia. Kemudian media sosial sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan bonsai kelapa dari BONS CO_NUT di Jawa Timur.

 Kata Kunci: media sosial, penjualan, bonsai kelapa, bons co_nut, jawa timur

Published
2023-04-16
Section
Articles
Abstract Views: 60