DAMPAK PHK PEKERJA PT. PAKABAYA KOREK API TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA

IMPACT OF LABOR OF PT. PAKABAYA LIGHTERS ON THE SOCIO-ECONOMIC CONDITIONS OF FAMILY IN JEMANGAN DISTRICT, SURABAYA CITY

  • fira nur fadhillah unesa
  • Dra. Sulistinah, M.Pd. unesa

Abstract

Abstrak

Dewasa ini dengan semakin berkembangya inovasi dibidang teknologi yang semakin maju maka dapat memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap performa dan kinerja dari perusahaan. PT Pakabaya Korek Api adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada produksi korek api yang merasakan dampak dari perkembangan teknologi, perusahaan melakukan langkah rasionalitas yakni Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Faktor yang mempengaruhi yakni munculnya produk kompetitor yang lebih modern seperti korek gas dan elektrik. Sehingga kebutuhan korek api konvensional terus menurun. Ditambah lagi pasar korek api dunia sedang menurun sehingga langka rasionalitas PHK ditempuh oleh perusahaan..

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari PHK terhadap kondisi sosial dan ekonomi keluarga. Metode penelitian yang digunakan yakni jenis kualitatif dengan melakukan studi kasus. Penelitian dilakukan di PT. Pakabaya Korek Api Surabaya, teknik pengumpulan data yang dilakukan melipuit, observasi secara langsung, wawancara mendalam serta dokumentasi sedangkan subjek dari penelitian ini yakni eks karyawan dari PT.Pakabaya Korek Api. Objek dalam penelitian adalah dampak aspek sosial ekonomi pasca terjadinnya PHK yang meliputi interaksi sosial, lingkungan tempat tinggal, pekerjaan, pendapatan dan bantuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak Pemutusan Hubungan Kerja PHK oleh PT. Pakabaya Korek Api terhadap kondisi sosial ekonomi keluarga di kecamatan jambangan Surabaya  memberikan dampak negatif.  Yakni, Kesehatan mental mengalami gangguan psikologi ringan seperti trauma. Bantuan perusahaan hanya berupa pesangon yang tidak memuaskan masyarakat. Interakasi sosial yang tidak terdampak. Secara ekonomi, masyarakat pekerja kehilangan mata pencaharian utama sehingga mereka tidak lagi memiliki pendapatan pokok dari perusahaan selain pesango sehingga berdampak terhadap perubahan taraf hidup dan strata sosial-ekonomi masyarakat.

Kata kunci: Dampak PHK, Karyawan, Kondisi Sosial Ekonomi

Published
2023-05-10
Section
Articles
Abstract Views: 156