UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KAWASAN GISIK CEMANDI KECAMATAN SEDATI MENJADI DESA WISATA

UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KAWASAN GISIK CEMANDI KECAMATAN SEDATI MENJADI DESA WISATA

  • Dinda Fitriana Putri Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Murtini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kawasan Gisik Cemandi adalah kawasan yang letaknya di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Desa Gisik Cemandi berbatasan langsung dengan air laut dan tambak. Desa Gisik Cemandi memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata. Potensi wisata tersebut yakni wisata kolam pancing, wisata susur sungai, wisata religi makam “Dimas Ajeng Dewi Reni Sekardadu”. Namun, dalam proses mengembangkan desa wisata ini masih terdapat permasalahan, yakni jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Gisik Cemandi masih tergolong sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata di Kawasan Gisik Cemandi Kecamatan Sedati, dan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk mengembangkan Kawasan Gisik Cemandi Kecamatan Sedati menjadi desa wisata. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung desa wisata Gisik Cemandi dan Kepala Desa Gisik Cemandi selaku pengelola dan pelaksana program desa wisata. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring dengan skala likert, dan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata yang dimiliki Desa Gisik Cemandi tergolong ke dalam klasifikasi tinggi. Sehingga, strategi yang diterapkan guna melakukan upaya untuk mengembangkan desa wisata ini adalah pertumbuhan agresif (growth oriented strategy), dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki. Adapun strategi prioritas pengembangan yang diterapkan di Desa Wisata Gisik Cemandi ialah melakukan promosi lebih giat lagi melalui berbagai media sosial agar desa wisata Gisik Cemandi dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat terutama yang berada di luar wilayah Kecamatan Sedati. Karena dengan promosi, dapat menarik lebih banyak jumlah wisatawan.

Kata Kunci: Upaya Pengembangan, Potensi Wisata Desa, Desa Wisata

Published
2023-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 204