Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Kusuma Tirta Minapolitan Di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Kusuma Tirta Minapolitan Di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

  • Yunita Rohmatul Ummah Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Sutedjo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Wisata Kusuma Tirta Minapolitan merupakan salah satu wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo, yang terletak di Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi. Wisata  ini merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan alam berupa hamparan area per tambakan yang sangat luas mencapai 6 ha. tidak hanya area pertambakan wisata ini memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti wahana air, tempat  makan ,  wahana bermain seperti sepeda air, dan flaying fox. Akan tetapi, jumlah kunjunngan wisatawan pada wisata kusuma tirta mianpolitan masih rendah.Tujuan penelitian ini  untuk  mengetahui potensi wisata dan strategi pengembangan wisata kusuma tirta minapolitan.

          Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden, Pengambilan sampel Pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang aksesibilitas, fasilitas penunjang, dan pelayanan tambahan. Wawancara dilakukan kepada wisatawan untuk memperoleh data mengenai atraksi dan kepada ketua pengelola wisata untuk memperoleh data mengenai kelembagaan. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data jumlah wisatawan di Wisata Kusuma Tirta Minapolitan, tahun 2017-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik skoring dengan menggunakan skala likert dan  analisis SWOT.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi yang dimiliki Wisata Kusuma Tirta Minapolitan termasuk kedalam kategori baik. Sehingga, strategi yang diterapkan guna melakukan upaya dalam mengembangkan Objek Wisata Kusuma Tirta Minapolitan adalah pertumbuhan agresif (growth oriented strategy) dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki. Adapun startegi prioritas pengembangan yang diterapkan pada Objek Wisata Kusuma Tirta Minapolitan yaitu mempromosikan wisata melalui media sosial dan menggunakan jasa influencer, menambahkan kegiatan wisata yang menarik seperti perahu wisata, memperbaiki fasilitas yang kurang seperti menambah tempat sampah di sekitar gazebo, dan menambah spot foto pada objek wisata.

Kata kunci: wisata kusuma tirta minapolitan, potensi wisata, strategi pengembangan

Published
2023-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 62