KAJIAN LOKASI TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR SIDAYU KABUPATEN GRESIK

KAJIAN LOKASI TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR SIDAYU KABUPATEN GRESIK

  • Naufal Azkal Abid Universitas Negeri Surabaya
  • Rindawati . Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Hasil pra-survei dipasar Sidayu menunjukkan pendapatan paling tinggi adalah pedagang bumbu dan telur, sedangkan pendapatan terendah adalah pedagang konveksi dan tempe. Pasar Sidayu berlokasi dekat dengan Alun-Alun yang lokasinya sangat strategis. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui besaran pengaruh lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang dan 2) menganalisis lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang dengan jenis barang yang dijual sama dipasar Sidayu Kabupaten Gresik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di Pasar Sidayu Kabupaten Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang di Pasar Sidayu berjumlah 200 pedagang, sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling berjumlah 68 pedagang. Pengumpulan data angket meliputi karakteristik pedagang, lokasi usaha dan pendapatan pedagang. Analisis data menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh lokasi stand terhadap pendapatan pedagang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang Pasar Sidayu, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 8,701 lebih besar dari t table 1,998 dan penelitian ini menunjukkan bahwa variable lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang Pasar Sidayu sebesar 53,4% dan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. 2) Dari 15 jenis barang yang dijual sama dengan lokasi terhadap pendapatan, terdapat 3 jenis barang yang dijual memiliki pengaruh terhadap pendapatan yakni beras, bumbu, dan kuliner karena memiliki nilai signifikan alfa kurang dari 0,05.

Kata Kunci: pedagang, pendapatan, lokasi usaha

Published
2023-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 39