Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Pada Program Kampung Iklim (Proklim) Di Kelurahan Perak Barat Kota Surabaya

Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Pada Program Kampung Iklim (Proklim) Di Kelurahan Perak Barat Kota Surabaya

  • Titis Santoso Unesa
  • Ketut Prasetyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perubahan iklim menjadi isu lingkungan yang memberikan berbagai dampak. Berdasarkan data kategori program kampung iklim diketahui bahwa Kelurahan Perak Barat satu-satunya yang mendapatkan kategori Proklim pratama di tahun 2022. Penelitian ini hanya meneliti hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan lingkungan terhadap partisipasi ibu-ibu PKK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan dengan tingkat partisipasi, menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan lingkungan dengan tingkat partisipasi serta menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan lingkungan terhadap tingkat partisipasi Ibu-ibu PKK pada program kampung iklim di Kelurahan Perak Barat Kota Surabaya.

Jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan uji korelasi Kendall tau-b untuk menguji hubungan secara parsial dan uji korelasi Kendall W Test untuk mengukur hubungan secara simultan. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan besaran sampel sebanyak 48 responden yakni ibu-ibu PKK. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes untuk pengukur tingkat pengetahuan.

Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan partisipasi (p-value = 0,117), terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan partisipasi (p-value = 0,009), terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan terhadap tingkat partisipasi (p-value = 0,000). Kesimpulan pada penelitian ini antara tingkat pendidikan dan partisipasi memiliki koefisien korelasi 0,178 yang bernilai negatif menunjukkan tingkat hubungannya sangat lemah, nilai koefisien korelasi antara tingkat pengetahuan lingkungan dan partisipasi sebesar 0,63 menunjukkan tingkat hubungan kuat, nilai koefisien korelasi antara tingkat pendidikan dan pengetahuan terhadap tingkat partisipasi sebesar 0,658 menunjukkan tingkat hubungan kuat.

Kata Kunci: tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan lingkungan, partisipasi ibu-ibu PKK, Program Kampung Iklim.

Published
2023-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 85