Study of the location and facilities of the temple in the Trowulan sub-district, Mojokerto regency

Kajian lokasi dan fasilitas candi di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

  • Caryna Novyana Unesa
  • Agus Sutedjo Unesa

Abstract

Pariwisata merupakan bagian dari industri yang dapat meningkatkan perekonomian secara cepat. Pariwisata menjadi komoditas yang dibutuhkan oleh banyak orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai dapat mempengaruhi jumlah  wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata. Jumlah pengunjung disetiap candi di Kecamatan Trowulan menunjukkan perbedaan yang signifikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan lokasi dan fasilitas candi di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendektan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 wisatawan yang pernah berkunjung ke semua candi dan ketua pengelola candi Kecamatan Trowulan. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui data lalu lintas, tempat parkir, fasilitas pelengkap kepariwisataan, dan fasilitas penunjang kepariwisataan. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui data kebersihan dan keamanan semua candi. Teknik kuesioner digunakan untuk mengetahui data aksesibilitas, visibilitas, dan fasilitas pokok kepariwisataan. Teknik skoring digunakan untuk menganalisis semua data yang diperoleh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi candi yang paling strategis di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto adalah Candi Brahu, selanjutnya diikuti oleh Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Wringin Lawang, Candi Gentong, namun lokasi tidak berhubungan dengan jumlah kunjungan wisatawan. Fasilitas candi yang paling memadai di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto adalah Candi Bajang Ratu, selanjutnya diikuti oleh Candi Tikus, Candi Brahu, Candi Wringin Lawang, Candi Gentong, dan fasilitas berhubungan dengan jumlah kunjungan wisatawan.

Kata kunci: lokasi, fasilitas, kunjungan wisatawan

Published
2023-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 45