Analisis Daya Dukung Lingkungan Objek Wisata Alam Pemandian Air Panas Cagar, Kota Batu

Analysis of the Carrying Capacity of the Natural Tourism Object of Reserve Hot Springs, Batu City

  • Roky Bayu Pratama UNESA
  • Muzayanah . UNESA

Abstract

Objek Wisata Alam (OWA) Pemandian Air Panas Cangar merupakan salah satu objek wisata khusus yang berada di Kota Batu. Selama lima tahun terakhir OWA Pemandian air panas cangar mengalami kenaikan jumlah pengunjung meskipun dalam tahun pandemi, hal ini dikhawatirkan dapat merusak lingkungan dan menurunkan kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis 1) Nilai daya dukung fisik (PCC), 2) Nilai daya dukung rill (RCC), 3) Manajemen Kapasitas (MC), 4) Nilai daya dukung efektif.

Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Pengunjung OWA Pemandian Air Panas Cangar merupakan populasi dalam survei ini. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel acak sebanyak 45 responden yang diambil dengan cara accidental sampling. Pengumpulan data dengan survey lapangan, kuisioner, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode (Cifuintes, 1992), yaitu menghitung daya dukung fisik (PCC), daya dukung rill (RCC), dan daya dukung efektif (ECC).

Berdasarkan temuan studi, nilai perhitungan daya dukung fisik (PCC) dengan luas area wisata 1,9 Ha sebesar 1.335 wisatawan per hari dengan kapasitas manajemen (MC) sebesar 0,7, daya dukung rill (RCC) 687 wisatawan per hari, dan nilai daya dukung efektif (ECC) sebesar 481 wisatawan per hari. Hasil analisis daya dukung lingkungan ini dapat menjadi pertimbangan pihak pengelola OWA Pemandian Air Panas Cangar dalam memaksimalkan jumlah kunjungan wisata dengan dapat melakukan upaya peningkatan kunjungan wisata pada kolam rendam sebesar 25% atau 121 wisatawan per hari.

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 74