Emisi Gas CO2 Kendaraan Bermotor Perempatan Tuwowo Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya

CO2 Gas Emissions Of Motor Vehicles Tuwowo Intersection Tambaksari District, Surabaya City

  • wahyu tri ardiansyah unesa
  • Muzayanah . Unesa

Abstract

Kota  Surabaya  merupakan  pusat  ekonomi  dan  titik  penghubung  antar  kota  besar  di  Pulau   Jawa. Pertumbuhan ekonomi dan populasi yang terus meningkat menimbulkan masalah dalam sektor transportasi yaitu kemacetan lalu lintas pada simpangan jalan. Perempatan Tuwowo merpakan simpangan dengan padat kendaraan dengan tingginya aktivitas transportasi. Salah satu konsumsi energi yang paling berdampak di Indonesia ada pada sektor transportasi. Dari seluruh sektor transportasi yang ada seperti transportasi udara, laut, dan darat, penyumbang emisi CO2 terbesar adalah transportasi darat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasikan karakteristik lalu lintas harian rata-rata, 2) Menganalisis kadar emisi (CO2) yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, 3) Menganalisis konsentrasi CO2 besaran emisi karbon dioksida (CO2) pada perempatan Tuwowo dan wilayah sekitarnya, 4) Menganalisis sebaran emisi CO2 yang dihasilkan dari kendaraan bermotor pada perempatan Tuwowo.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dangan populasi ruas Jalan Perempatan Tuwowo. Teknik analisis data melalui tiga tahapan, 1) menghitung lalu lintas harian rata-rata dengan metode traffic counting, 2) menghitung besaran emisi gas CO2 kendaraan bermotor dengan menggunakan tool calculation dari Greenhouse Gas Protocol (GGP) yang bernama Mobile Combustion GHG Emissions Calculation Tool v2.6, 3) memasukan data pengukuran emisi gas CO2 serta data kecepatan dan arah dominan angin ke dalam QGIS.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) jumlah kendaraan tertinggi terjadi pada hari kerja yaitu sepeda motor dan mobil penumpang, 2) besaran emisi gas CO2 yang dihasilkan dari kendaraan bermotor pada wilayah Perempatan Tuwowo dan sekitarnya sebesar 3.393,981 Ton CO2/Tahun pada hari kerja dan libur sebesar 2.909,033 Ton CO2/Tahun, 3) Konsentrasi sebaran emisi gas CO2 di wilayah tersebut pada hari kerja kadar CO2 rata-rata sebesar 468 PPM sedangkan pada hari libur rata-rata kadar CO2 456 PPM, 4) Arah persebaran dari emisi CO2 yang dihasilkan mengarah ke arah utara barat laut.

Kata Kunci: Emisi, CO2, Kendaraan Bermotor

Published
2023-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 81