PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN, NILAI KEGUNAAN, DAN AKSESIBILITAS DI MUSEUM 10 NOVEMBER DAN MUSEUM PENDIDIKAN

COMPARISON OF SERVICE QUALITY, USEFUL VALUE, AND ACCESSIBILITY IN 10 NOVEMBER MUSEUM AND EDUCATIONAL MUSEUM

  • Shafa Azzahra Unesa
  • Agus Sutedjo Unesa

Abstract

Museum 10 November dan Museum Pendidikan merupakan dua museum dengan karakteristik yang sama yaitu pada jenis museum, tipe standarisasi museum, dan letak lokasi museum. Walaupun memiliki karakteristik yang sama, kedua museum ini memiliki jumlah kunjungan wisata yang berbeda jauh. Oleh sebab itu, untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi perbedaan jumlah wisatawan, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas pelayanan, nilai kegunaan, dan aksesibilitas di Museum 10 November dan Museum Pendidikan. Penelitian dilakukan di dua lokasi yaitu Museum 10 November dan Museum Pendidikan.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Museum 10 November dan Museum Pendidikan dengan waktu berkunjung paling lama dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2021 dengan sampel sejumlah 100 orang wisatawan dengan teknik accidental sampling. Data kualitas pelayanan, nilai kegunaan, dan aksesibilitas di kumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya data tersebut di analalisis dengan teknik skoring menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan antara Museum 10 November dan Museum Pendidikan tidak memiliki perbedaan yaitu masuk dalam kategori sangat baik. Nilai kegunaan antara Museum 10 November dan Museum Pendidikan memiliki perbedaan, untuk Museum 10 November dalam kategori sangat bermanfaat sedangkan Museum Pendidikan dalam kategori bermanfaat. Aksesibilitas antara Museum 10 November dan Museum Pendidikan tidak memiliki perbedaan yaitu masuk dalam kategori aksesibilitas tinggi.

Published
2023-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 31