Kajian Kepuasan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Air Hujan Terhadap Kualitas Pelayanan Yayasan Air Kita

Study Of Community Satisfaction In Using Rain Water On The Quality Of Air Kita Foundation’s Services

  • Dinda Ayu Susilowati Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Rindawati, M.Si. Unesa

Abstract

Yayasan Air Kita menggagas inovasi memanfaatkan air hujan menjadi air minum dengan adanya pertambahan penduduk dan potensi hujan tinggi. Sosialisasi, cek kualitas air hujan, hingga pemanenan terstruktur dilakukan sejak 2017. Banyak masyarakat yang belum mengimplementaskan pemanfaatan air hujan sebagai air minum dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini memerlukan kajian terkait kepuasan masyarakat terhadap Yayasan Air Kita. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan harapan dan kenyataan kepuasan, mendeskripsikan tingkat kepuasan dan mendeskripsikan analisis perbandingan kepuasan masyarakat berdasarkan diagram kartesius.

Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di Yayasan Air Kita Kabupaten Jombang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yakni meliputi masyarakat Desa Karangwinongan sebanyak 100 responden dan luar Desa Karangwinongan sebanyak 3 responden. Pengumpulan data melalui angket. Analisis data menggunakan gap analisis dan diagram kartesius.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara harapan dan kenyataan. Tingkat kepuasan tidak puas dibanding dengan harapan. Berdasarkan diagram kartesius masyarakat Desa Karangwinongan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responsivness di kuadran III (prioritas rendah) yang berarti biasa-biasa saja, reliability di kuadran IV (berlebihan) atau baik, assurance di kuadran IV (berlebihan) atau baik, empathy di kuadran I (prioritas utama) yang berarti mengecewakan dan tangibles pada kuadran IV (berlebihan) atau baik. Berdasarkan diagram kartesius masyarakat luar Desa Karangwinongan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responsivness berada pada kuadran III (prioritas rendah) yang berarti biasa-biasa saja, reliability pada kuadran I (prioritas utama) yang berarti mengecewakan, assurance pada kuadran II (pertahankan prestasi)/cukup baik, empathy pada kuadran I (prioritas utama) yang berarti mengecewakan dan tangibles pada kuadran II (pertahankan prestasi)/cukup baik.

Kata Kunci: Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Air Kita.

Published
2023-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 38