ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IIS 4 PADA PROSES PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA NEGERI 21 SURABAYA

ANALYSIS OF USING KAHOOT MEDIA ON THE LEARNING INTEREST OF CLASS XI IIS 4 STUDENTS IN THE LEARNING PROCESS OF NATURAL DISASTER MITIGATION AT SMA NEGERI 21 SURABAYA

  • Arisma Cahyani UNESA
  • Sukma Perdana Prasetya UNESA

Abstract

Abstrak

Wawancara yang telah dilakukan dengan guru geografi SMA Negeri 21 Surabaya, mengungkap bahwa media yang diterapkan hanya berupa media power point dan sebanyak 64% siswa berpendapat media tersebut kurang menarik perhatian mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media Kahoot terhadap minat belajar siswa pada proses pembelajaran mitigasi bencana alam di kelas XI IIS 4 di SMA Negeri 21 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang menggunakan rancangan One-Shot Case Study dimana setiap data yang dikumpulkan akan diolah menjadi sebuah grafik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi terhadap respon siswa kelas XI IIS 4 ketika guru menerapkan media Kahoot pada saat pembelajaran mitigasi bencana alam guna mengetahui tingkat minat belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penggunaan media Kahoot terhadap minat belajar siswa pada indikator perasaan senang sebesar 87%, indikator perhatian siswa sebesar 95%, indikator keterlibatan siswa sebesar 85% dan indikator ketertarikan siswa sebesar 41% sehingga penggunaan media Kahoot 77% mendapatkan respon positif dari siswa. Cara guru dalam memanfaatkan media Kahoot sebagai media pembelajaran dengan sangat baik juga dapat menjadi faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media, Kahoot, Minat Belajar

 

Abstract

Interviews conducted with geography teachers at SMA Negeri 21 Surabaya revealed that the media used was only power point media and 64% of students thought the media did not attract their attention. The purpose of this study was to analyze the use of Kahoot media on students' interest in the learning process of natural disaster mitigation in class XI IIS 4 at SMA Negeri 21 Surabaya.

This study uses a quantitative descriptive approach using a One-Shot Case Study design where each data collected will be processed into a graph. The data collection technique was carried out by observing the responses of class XI IIS 4 students when the teacher applied Kahoot media during learning to determine the level of student interest in learning.

The results showed that the use of Kahoot media on students' learning interest on indicators of feeling happy was 87%, indicators of student attention were 95%, indicators of student involvement were 85% and indicators of student interest were 41% so that the use of Kahoot media was 77% getting a positive response from students. The way teachers use Kahoot media as learning media very well can also be a factor that supports the success of the learning process.

Keywords: Media, Kahoot, Learning Interest

 

 

 

 

Published
2023-07-18
Abstract Views: 75