Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

The Effect of Learning Interest on Student Learning Outcomes in Geography Subjects in Class X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

  • Firda Ainin Nisa' Unesa
  • Sukma Perdana Prasetya Unesa

Abstract

Hasil wawancara dengan salah satu guru Geografi di sekolah SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo mengatakan bahwasanya selama dalam proses pembelajaran ditemukan beberapa masalah antara lain, 30% siswa kurang memperhatikan, dan 40% siswa lainnya cenderung pasif. Guru Geografi tersebut juga mengatakan permasalahan nilai terjadi di kelas X1 dan X2, yakni pada materi Atmosfer, 16% siswa memiliki nilai dibawah KKM atau 75 dengan kategori tidak tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Tingkat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Geografi materi Atmosfer, 2. Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi materi Atmosfer.

Jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, yakni siswa kelas X1 dan X2 sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data minat belajar dan dokumentasi untuk memperoleh data sekunder berupa nilai mata pelajaran Geografi materi Atmosfer. Teknik analisis data menggunakan persentase dari hasil skoring Skala Likert dan analisis statistik menggunakan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Tingkat minat belajar siswa kelas X1 dan X2 pada mata pelajaran Geografi materi Atmosfer termasuk dalam kategori “tinggi”. 2. Pengaruh minat belajar siswa kelas X1 dan X2 pada mata pelajaran Geografi terhadap hasil belajar yang didapatkan adalah sebesar 7% yang termasuk dalam kategori “Lemah”.

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar

Published
2023-07-18
Abstract Views: 147