POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PUTHUK KREWENG SEBAGAI DESA WISATA DI DESA MOJODELIK KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO

Potential And Development Strategy Of Puthuk Kreweng Tourism Object As A Tourism Village In Mojodelik Village, Gayam Sub District, Bojonegoro District

  • Nova Yunya Rista Unesa
  • Sri Murtini Unesa

Abstract

Puthuk Kreweng merupakan wisata yang berlokasi di Desa Mojodelik Kecamatan Gayam. Sejak dibuka pada 2021 lalu, terdapat berbagai atraksi yang ditawarkan agar menarik wisatawan untuk berkunjung. Dalam usahanya mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya belum sesuai dengan yang diharapkan sehingga diperlukan analisis potensi wisata serta strategi pengembangan yang sesuai untuk modal pengembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat potensi wisata serta strategi pengembangan wisata berdasarkan analisis SWOT.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey, jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Puthuk Kreweng, masyarakat Desa Mojodelik, dan pengelola. Sampel yang digunakan yaitu 100 wisatawan dan 100 Masyarakat Desa Mojodelik yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket, wawancara berdasarkan panduan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data potensi wisata menggunakan skala likert, analisis pengembangan wisata menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat potensi Puthuk Kreweng sebagai desa wisata tergolong besar dengan nilai total 16. Berdasarkan analisis SWOT menunjukkan wisata Puthuk Kreweng terletak pada kuadran 1 yang berarti kuat dan berpeluang besar. Strategi yang direkomendasikan yaitu agresif, artinya wisata Puthuk Kreweng berada dalam kondisi yang mantap sehingga sangat dimungkinkan terus melaksanakan pengembangan, memperbesar pertumbuhan serta meraih keuntungan secara maksimal dengan cara menambah spot foto, mengadakan event secara rutin dengan memanfaatkan arena sirkuit motor trail, dan merawat amenitas di wisata Puthuk Kreweng.

Kata Kunci: Objek Wisata, Potensi Objek Wisata, Desa Wisata, SWOT

Published
2023-07-25
Abstract Views: 125