ANALISIS KONDISI LALU LINTAS DI RUAS JALAN LETJEN S PARMAN KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

ANALYSIS OF TRAFFIC CONDITIONS ON THE ROAD SECTION OF LETJEN S PARMAN GEDANGAN SUB-DISTRICT SIDOARJO REGENCY

  • Emilia Rachmawati Unesa
  • Sri Murtini Unesa

Abstract

Sidoarjo merupakan wilayah suburban dengan pertumbuhan kendaraan yang meningkat setiap tahun. Pertumbuhan kendaraan yang tinggi dan tidak terkendali dapat menyebabkan kemacetan. Jalan Letjen S Parman adalah salah satu dari enam titik kemacetan di sepanjang Sidoarjo-Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas jalan di ruas Jalan Letjen S Parman, volume lalu lintas di ruas Jalan Letjen S Parman, derajat kejenuhan di ruas Jalan Letjen S Parman, serta analisis kondisi lalu lintas dengan pendekatan geografi kompleks wilayah.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kendaraan yang melintas di Jalan Letjen S Parman. Sampel TC diambil dari jumlah kendaraan melintas selama rentang waktu yang telah ditetapkan sementara sampel OD diambil sebanyak 100 responden. Sumber data berupa data primer meliputi observasi kondisi jalan, survei TC, dan survei OD serta data sekunder meliputi data penduduk dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Teknik analisis data menggunakan perhitungan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997) serta kajian geografi kompleks wilayah.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Kamis, yaitu sebesar 3082,50 smp/jam. Kemacetan terjadi karena volume lalu lintas melebihi kapasitas jalan yang telah direncanakan serta fluktuasi pada pagi dan sore hari di hari-hari kerja. Kemacetan juga disebabkan oleh tingginya interaksi antara Sidoarjo dan Surabaya sehingga mendorong mobilitas penduduk. Kemacetan menyebabkan terjadi kebisingan yang berdasarkan rata-rata adalah 82,8 dB(A).

Published
2023-07-25
Abstract Views: 107