Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Penumpang di Terminal Purabaya

Analysis of the Relation of Service Quality and Infrastructure to Passenger Satisfaction at Purabaya Terminal

  • Tasya Eka Salsabilla Unesa

Abstract

Terminal merupakan salah satu pelayanan publik yang kualitas pelayanan dan sarana prasarana yang ada didalamnya sangat penting untuk meningkatkan kepuasan penumpag.  Di Kabupaten Sidoarjo ada Terminal Purabaya yang saat ini dikelola dibawah Kementerian Perhubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan penumpang Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan penumpang Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Purabaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan penumpang di Terminal Purabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling sebanyak 30 penumpang Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 80 penumpang Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Korelasi Rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Bus AKAP dan Bus AKDP memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat sedang. Hubungan sarana prasarana terhadap kepuasan penumpang Bus AKAP dan Bus AKDP memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat kuat.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, Kepuasan Penumpang.

Published
2023-07-28
Abstract Views: 27