ANALISIS DAYA DUKUNG LINGKUNGAN WISATA TAMAN HIBURAN PANTAI (THP) KENJERAN LAMA SURABAYA

ANALYSIS OF ENVIRONMENTAL CARRIAGE CAPACITY OF KENJERAN LAMA BEACH Amusement Park (THP) SURABAYA

  • Viki Arifianto Unesa
  • Muzayanah . Unesa

Abstract

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya merupakan salah satu objek wisata pantai yang  populer di Surabaya. Selama lima tahun terakhir Taman Hiburan Pantai mengalami kenaikan jumlah pengunjung meskipun terkena dampak pandemi, kenaikan pengunjung terjadi pada tahun 2021-2022 sebesar 371%. Dari kenaikan tersebut dikhawatirkan dapat melebihi daya dukung wisata sehingga berdampak terhadap kesenjangan sosial dan lingkungan di Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis nilai daya dukung  fisik (PCC), nilai daya dukung rill (RCC), nilai daya dukung  manajemen (MC), dan  nilai daya dukung efektif (ECC)

Jenis penelitian ini yaitu  deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah wisata Taman Hiburan Pantai Kenjeran dan sampel yang digunakan yaitu 96 responden, metode pengambilan sampel accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan angket dan kuesioner berdasarkan panduan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan dari rumus  Cifuentes (1992).

Hasil penelitian ini menunjukkan nilai PCC diperoleh 497 pengunjung/hari, RCC 54 pengunjung/hari, dan ECC 54 pengunjung/hari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa daya dukung pariwisata di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Lama Surabaya tergolong baik secara perhitungan, mengingat baik PCC maupun RCC lebih besar dari ECC, tetapi jika dilihat dari aktual data pengunjung wisata 5 tahun terkahir, wisata ini tergolong tidak baik karena melampaui perhitungan dari rumus Cifeuntes (1992).

Kata Kunci: Taman Hiburan Pantai, Daya Dukung Lingkungan Wisata, Wisatawan

Published
2023-07-28
Abstract Views: 82