Analisis Kejadian Stunting Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Jarak Kulon Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

  • Hardina Retno Safitri Unesa
  • Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes Unesa

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan yang kompleks dan multidimensional yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan balita. Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang wilayah kerja Puskesmas Jarak Kulon memiliki prevalensi kejadian stunting yang tertinggi pada tahun 2020 dan 2021 yaitu sebesar 17,09% dan 13,79%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendidikan ibu, pengetahuan ibu, pendapatan keluarga dan faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian stunting di wilayah kerja puskesmas Jarak Kulon Jombang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian case control. Populasi penelitian terdiri dari seluruh balita yang berada di wilayah kerja Puskesmas Jarak Kulon. Subjek penelitian dibagi menjadi dua yaitu subjek kasus dan subjek kontrol dengan jumlah responden masing-masing subjek sebanyak 78 orang balita. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur yang mencakup informasi tentang faktor risiko yang diduga mempengaruhi kejadian stunting. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi Square dan regresi logistik berganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita.

Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi square menunjukkan hasil pendidikan ibu nilai p 0,055 < α (0.1), sedangkan pengetahuan ibu nilai p = 0,000 > α (0.1) dan pendapatan keluarga nilai p = 0,872 > α (0.1). Adapun faktor yang paling berpengaruh dari uji logistik berganda yaitu pengetahuan ibu dengan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor yang paling berpengaruh yaitu pengetahuan ibu terhadap kejadian stunting pada balita di puskesmas Jarak Kulon Kabupaten Jombang yang terkait dengan pengertian, penyebab, faktor risiko, gejala, penanganan, pencegahan dan perhatian khusus terhadap penderita stunting.

Kata Kunci : stunting, balita, ibu

Published
2023-07-28
Abstract Views: 33