KAJIAN PARTISIPASI PRIA DALAM PENGGUNAAN KB METODE OPERASI PRIA (MOP) DI KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO

Study Of Men's Participation In The Use Of Male Operational Method (MOP) In Kedungadem Sub-District, Bojonegoro Regency

  • Alfia Septiana Unesa
  • Ita Mardiani Zain Unesa

Abstract

Prevelensi penggunaan kontrasepsi jenis MOP di Bojonegoro masih sangat rendah yaitu 0,17%. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro tahun 2018-2021 menunjukkan bahwa Puskesmas dengan persentase tertinggi dalam partisipasi KB MOP yaitu Puskesmas Kedungadem dengan persentase 1,1%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pengetahuan, pendapatan, umur, jumlah anak, dukungan istri dan faktor yang paling berpengaruh terhadap partisipasi pria dalam penggunaan KB Metode Operasi Pria (MOP) di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro.

Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan rancangan cross control yaitu peneliti melakukan observasi antara subjek kasus dan subjek kontrol pada saat yang sama dengan maching jarak rumah responden ke puskesmas. Responden berjumlah 86 terdiri dari 43 subjek kasus ditentukan dengan teknik simple random sampling dan 43 subjek kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik berganda.

Hasil analisis uji chi square variabel tingkat pendidikan (p = 0,000) dengan nilai OR = 0,14, umur (p = 0,003) dengan nilai OR = 16,25, jumlah anak (p = 0,000) dengan nilai OR = 5,77, dan dukungan istri (p = 0,000) dengan nilai OR = 8,71 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi KB MOP di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Variabel yang tidak berpengaruh signifikan adalah pengetahuan (p = 0,281) dan pendapatan (p = 0,825). Hasil analisis uji regresi logistik berganda menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap partisipasi KB MOP di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro adalah dukungan istri ( p  = 0,000).

Kata Kunci: Partisipasi, KB MOP, tingkat pendidikan, pengetahuan, pendapatan, umur, jumlah anak, dukungan istri.

Published
2023-07-28
Abstract Views: 12