STRATEGI BERTAHAN PENGRAJIN DALAM MEMPERTAHANKAN KERAJINAN DOMPET KULIT SINTETIS (Studi Kasus Tentang Pengrajin Home Industry Dompet Kulit Sintetis Di Desa Rejoslamet Dusun Grogolan Kecamatan Mojouwarno Kabupaten Jombang)

CRAFTSMAN'S SURVIVAL STRATEGY IN PRESERVING SYNTHETIC LEATHER WALLET CRAFTS (Case Study of Synthetic Leather Wallet Home Industry Craftsmen in Rejoslamet Village, Grogolan Hamlet, Mojowarno District, Jombang Regency)

  • Fatmi Enalisa Unesa
  • Bambang Sigit Widodo Unesa

Abstract

Kabupaten Jombang terdapat sektor industri yang menjadi andalan dan berhasil menembus pasar nasional, salah satunya adalah home industri kerajinan dompet kulit sintetis, kerajinan ini menjadi identitas khas dari kabupaten Jombang dan lokasi industri kerajinan dompet kulit sintetis ini terletak di Desa Rejoslamet, Dusun Grogolan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Tahun 2022 jumlah pengrajin dompet kulit sintetis mengalami penurunan hingga mencapai 55 % dengan jumlah 15 pengrajin, sehingga para pengrajin perlu melakukan upaya staretegi bertahan agar dapat mempertahankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bertahan masyarakat pengrajin dompet kulit sintetis di Dusun Gorogolan, Kecamatan Mojwarno, Kabupaten Jombang dan untuk mengetahui faktor apa yang membuat masyarakat masih bertahan dalam menjalankan industry dompet kulit sintetis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini diambil melalui informan yaitu pengusaha, karyawan serta mantan pengusaha home industry dompet kulit sintetis. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman mencakup tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

 Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pengrajin home industry dompet kulit sintetis menerapkan strategi akumulasi (accumulation strategy) sebagai bagian dari strategi penghidupan mereka, strategi ini melibatkan upaya untuk menciptakan lapangan kerja dan memberikan bantuan kepada keluarga dan tetangga. Beberapa pengrajin sebelumnya pernah mengambil pinjaman dari bank untuk keperluan usaha, tetapi saat ini mereka sudah tidak lagi bergantung pada pinjaman tersebut. Faktor yang memungkinkan pengrajin dompet kulit sintetis tetap bertahan dalam menjalankan usaha mereka adalah modal dan pemasaran. Para pengrajin yang memiliki modal yang cukup besar dan memiliki jaringan pemasaran yang luas dapat mempertahankan usaha mereka hingga saat ini.

Kata kunci : strategi bertahan, kerajinan dompet kulit sintetis.

Published
2023-08-02
Abstract Views: 33