DAMPAK KEBERADAAN WARALABA PRODUK MINUMAN TERHADAP PERBEDAAN TINGKAT KONSUMTIF MASYARAKAT DI WILAYAH PANDAAN DAN BANGIL

  • Devinda Rachmawati Unesa
  • Bambang Sigit Widodo Unesa

Abstract

Keberadaan dari toko waralaba produk minuman yang berdiri di suatu wilayah mengakibatkan perubahan pada kebiasaan masyarakat sekitarnya. Toko waralaba dengan merek-merek terkenal yang banyak bermunculan memberikan efek pada perilaku konsumtifisme masyarakat. Perubahan strategi kehidupan memberikan dampak terhadap tingkat konsumtif masyarakat yang ikut berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan perbedaan dari tingkat konsumtif masyarakat di wilayah Pandaan dan Bangil yang disebabkan karena adanya keberadaan toko waralaba produk minuman.

Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian adalah masyarakat yang berada di wilayah Pandaan maupun Bangil, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 130 responden berdasarkan rasio jumlah butir kuesioner. Pengujian hipotesa menggunakan uji T sampel independen dengan bantuan alat IBM SPSS Statistics 25.

Penelitian menunjukkan dampak keberadaan toko waralaba produk minuman mempengaruhi tingkat konsumtif masyarakat di wilayah Pandaan dan Bangil. Hasil analisa data yang didapatkan adalah menerima hipotesa yang menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada perilaku konsumtif antara masyarakat di wilayah Pandaan dan Bangil terhadap dampak keberadaan toko waralaba produk minuman.

Published
2023-08-07
Abstract Views: 31