ANALISIS KECUKUPAN RTH DALAM MENYERAP EMISI CO2 DARI KENDARAAN BERMOTOR DI RUAS JALAN PRESIDEN K.H ABDURRAHMAN WAHID JOMBANG

  • Salsabela Fitri Herliana Unesa
  • Dr. Muzayanah, S.T.,M.T Unesa

Abstract

Abstrak

Jalan Presiden K.H Abdurrahman Wahid  Jombang merupakan jalan penghubung ke Madiun, Mojokerto dan Surabaya sekaligus sebagai area perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah hingga sentra PKL sehingga volume kendaraan di jalan tersebut menjadi tinggi. Kondisi ini mempengaruhi konsentrasi emisi CO2 yang dibuktikan dengan hasil pengukuran kadar CO2 sebesar 480 ppm. Penyediaan vegetasi atau Ruang Terbuka Hijau merupakan langkah efektif sebagai penyerap CO2. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) Besaran emisi CO2, 2) Kemampuan vegetasi RTH dalam menyerap emisi CO2 serta 3) Evaluasi kecukupan RTH

Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kendaraan bermotor yang melintas selama 3 hari yaitu Senin, Rabu, dan Minggu serta seluruh jumlah dan jenis vegetasi RTH yang terdapat di wilayah penelitian. Sedangkan sampel penelitian ini adalah jumlah kendaraan yang melintas di wilayah penelitain mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Analisis dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu analisis besaran emisi CO2 menggunakan pendekatan konsumsi bahan bakar menurut IPCC, analisis daya serap vegetasi RTH serta analisis kecukupan dari RTH dalam menyerap emisi CO2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa besaran emisi gas buang CO2 akibat aktivitas kendaraan bermotor adalah 13.236.817,9 kg/CO2/tahun. Dengan nilai emisi CO2 tersebut, RTH eksisting di wilayah penelitian mampu menyerap sebesar 195.515,44 Kg/CO2/Tahun. Dengan demikian menandakan bahwa RTH di Jalan Presiden K.H Abdurrahman Wahid Jombang belum cukup mampu dalam menyerap emisi CO2 sebab menyisakan emisi sebanyak 13.041.302,46 kg/ CO2/tahun sehingga diperlukan penambahan vegetasi pada RTH agar emisi dapat terserap maksimal.

Kata Kunci : Kecukupan, Emisi CO2, Kendaraan Bermotor, Ruang Terbuka Hijau

Published
2023-08-07
Abstract Views: 28