ANALISIS LALU LINTAS KENDARAAN DI RUAS JALAN RAYA MOJOAGUNG-RUAS JALAN RAYA VETERAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

  • Rika Dwi Setiani Unesa
  • Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S. Unesa

Abstract

Abstrak

Kecamatan Mojoagung menjadi salah satu kecamatan yang tergabung dalam jalan nasional lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Yogyakarta), termasuk ruas Jalan Raya Mojoagung dan ruas Jalan Veteran. Kedua ruas jalan terdapat keberadaan faktor pendukung tingkat mobilitas pengguna jalan yaitu pasar, pabrik, polsek, serta kawasan sekolah yang menjadikan kedua ruas jalan memiliki volume lalu lintas cukup tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kepadatan lalu lintas dengan menggunakan perhitungan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dan kapasitas jalan di ruas Jalan Raya Mojoagung – ruas Jalan Raya Veteran.

Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data didapatkan dari Traffic Counting di lokasi penelitian ruas Jalan Raya Mojoagung dan ruas Jalan Veteran. Populasi yang digunakan seluruh kendaraan yang melintasi titik pengamatan dengan sampel, kendaraan yang melintas di 17 jam dalam sehari.Teknik analsis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) untuk perhitungan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) dan kapasitas jalan.

Hasil penelitian ini menunjukkan volume lalu lintas pada jam sibuk terjadi pada pagi hari pukul 07.00 WIB sebesar 2379.6 smp/jam dan pada sore hari pukul 19.00 WIB sebesar 1508.5 smp/jam untuk hari kerja serta pada hari libur volume lalu lintas pada jam sibuk terjadi pada pukul 09.00 WIB sebesar 1621,1 smp/jam dan sore hari pada pukul 19.00 WIB dengan volume lalu lintas sebesar 1115,9 smp/jam. LHR tertinggi untuk volume lalu lintas hari paling sibuk terjadi pada hari Sabtu yaitu sebesar 1827.318 smp/jam dengan didominasi jenis kendaraan sepeda motor (Motor Vehicle/MC). Volume lalu lintas tertinggi melebihi kapasitas jalan yaitu memiliki kapasitas hanya sebesar 1635,3 smp/jam.

Kata Kunci : Volume lalu lintas, LHR, Kapasitas jalan, MKJI

Published
2023-08-07
Abstract Views: 52