Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Raya Cemeng Kalang Sidoarjo

  • Jerremy Bryan Sumanto Unesa
  • Dian Ayu Larasati S.Pd.,M.Sc. Unesa

Abstract

Abstrak

Kemacetan sering terjadi di kota-kota besar, terutama di daerah dengan transportasi umum yang buruk atau tidak memadai atau dimana lokasi kebutuhan jalan dan kepadatan penduduk tidak seimbang, hal ini memicu terjadinya kemacetan. Sidoarjo sendiri memiliki beberapa titik kemacetan, salah satunya Jalan Raya Cemeng Kalang yang berlokasikan di Kabupaten Sidoarjo. Jika dibandingkan dengan Jalan lainnya, tingkat kapasitas jalan lebih padat pada Jalan Raya Cemeng Kalang, hal ini disebabkan karena Kapasitas kendaraan yang masuk di Jalan Raya Cemeng Kalang lebih besar, hal ini memicu terjadinya kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji analisis kemacetan di Jalan Raya Cemeng Kalang Sidoarjo. 2) kajian-kajian lingkungan terkait dengan tingkat kebisingan dan pergerakan kendaraan

Penelitian menggunakan metode survey, rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Lokasi penelitian di Ruas Jalan Raya Cemeng Kalang. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI,1997). Teknik pengumpulan data 2 Survei, yaitu Survei Traffic Counting(Tc) dan Survei Origon Destination(Od). Untuk Alat Pengukuran menggunakan roll meter dan sound level meter guna mengukur kebisingan Jalan.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa untuk kapasitas di Jalan Raya Cemeng Kalang sebesar 2.010,2 smp/jam,sedangkan untuk ruas jalan dikatakan lancar tanpa hambatan jika tidak melebihi dari 2.010,2 smp/jam,kemudian untuk angka satuan mobil penumpang (SMP) sebeesar 2.995 smp/jam yang terjadi pada hari Senin pada pukul 17.30-18.30, didominasi oleh kendaraan berat seperti truck, kendaraan lain dengan muatan mencapai 500 lebih hal ini memicu terjadinya kemacetan. Di Simpulkan bahwa Kemacetan di ruas Jalan Raya Cemeng Kalang sangat padat hal ini disebabkan karena kapasitas jalan yang tidak memadai dengan jumlah kendaraan yang  meningkat sehingga terjadi kemacetan.

Kata Kunci : Kemacetan, Jalan Raya Cemeng Kalang, Kapasitas Kendaraan

Abstract

Congestion often occurs in big cities, especially in areas with poor or inadequate public transportation or where the location of road needs and population density is not balanced, this triggers congestion. Sidoarjo itself has several congestion points, one of which is Jalan Raya Cemeng Kalang which is located in Sidoarjo Regency. When compared to other roads, the level of road capacity is denser on Jalan Raya Cemeng Kalang, this is because the capacity of vehicles entering Jalan Raya Cemeng Kalang is greater, this triggers congestion. This study aims to 1) examine the analysis of congestion on Jalan Raya Cemeng Kalang Sidoarjo. 2) environmental studies related to noise levels and vehicle movements.

This research is a survey research type, then the research design is cross sectional. The research location was carried out on Jalan Raya Cemeng Kalang. Determination of the sample using accidental sampling technique. Source of data in the form of primary data and secondary data. Data analysis used the analysis of the Indonesian Highway Capacity Manual (MKJI, 1997). Data collection techniques 2 Surveys, namely the Traffic Counting (Tc) Survey and the Origin Destination (Od) Survey. Measuring tools use a roll meter and sound level meter to measure road noise

The results of the study show that the capacity on Jalan Raya Cemeng Kalang is 2,010.2 pcu/hour, while for roads it is said to be smooth without obstacles if it does not exceed 2,010.2 pcu/hour, then for passenger car units (SMP) it is 2,995 smp/hour which occurred on Monday at 17.30-18.30, dominated by heavy vehicles such as trucks, or other vehicles with a load of up to 500 more this triggers the density of vehicles that cause traffic jams

Keywords : Congestion, Cemeng Kalang Highway,Vehicle Capacity

 

Published
2023-08-29
Abstract Views: 82