PENGEMBANGAN APLIKASI SIGESIT BERBASIS WEBGIS SEBAGAI INFORMASI PARIWISATA DI KABUPATEN GRESIK

  • Mario Adi Setiawan Unesa
  • Eko Budiyanto Unesa

Abstract

Kabupaten Gresik memiliki potensi pariwisata yang sangat beragam dengan memiliki daya tarik tersendiri bagi calon wisatawan. Dari beragamnya potensi wisata tersebut diperlukan strategi promosi dalam mengenalkan potensi wisata di Kabupaten Gresik. Salah satu strategi dalam mengenalkan potensi wisata yaitu dengan memanfaatkan teknologi WebGIS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan 1) Sebuah WebGIS yang dapat memberikan informasi sebaran objek wisata di Kabupaten Gresik dan untuk mengetahui 2) Uji validasi dan uji usability terhadap aplikasi WebGIS.

Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan waterfall sehingga pengerjaannya lebih tersistematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Selain itu, aplikasi berbasis WebGIS ini dikembangkan menggunakan struktur website HTML, Javascript, PHP, CSS, dan MySQL sebagai pembuat basis datanya, serta menggunakan source code layanan peta online dari Leaflet JS.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis WebGIS sebagai sarana informasi sebaran objek wisata di Kabupaten Gresik yang memiliki nama dengan sebutan SIGESIT. Dalam SIGESIT memuat sebanyak 39 destinasi wisata yang terbagi atas wisata alam, wisata religi, wisata buatan, dan wisata budaya. Dilakukan uji validasi terhadap aplikasi berbasis WebGIS oleh para ahli yaitu ahli media dengan mendapatkan persentase sebesar 87% dan ahli SIG mendapatkan persentase sebesar 86%. Selain itu, juga dilakukan uji usability dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden dengan mempertimbangkan kriteria yang telah ditentukan. Terdapat 10 pertanyaan yang dibagi menjadi 2 aspek yaitu efektivitas dan efisiensi. Hasil uji usability menunjukkan pada aspek efektivitas diperoleh nilai rerata sejumlah 92 dan aspek efisiensi diperoleh nilai rerata sejumlah 94.40. Berdasarkan hasil uji usability tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis WebGIS wisata Kabupaten Gresik termasuk dalam kategori sangat efektif dan sangat efisien.

Kata Kunci: Leaflet JS, SIGESIT, Waterfall, WebGIS.

Published
2023-08-29
Abstract Views: 58