Analisis Daya Dukung Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto

  • Regita Meiteti Mayori Unesa
  • Drs. Agus Sutedjo, M.Si. Unesa

Abstract

               Pemandian Air Panas Padusan merupakan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Pacet yang berpotensi dan memiliki minat kunjungan tinggi. Terhitung pertumbuhan wisatawan tahunan mencapai 17,4%. Dari peningkatan jumlah wisatawan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kawasan wisata. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengelola wisata dapat melakukan pembatasan penggunaan suatu area dengan cara membatasi jumlah wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis 1) Daya Dukung Kawasan disetiap objek wisata, 2) Waktu tercapainya Daya Dukung wisata Pemandian Air Panas Padusan.

               Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini wisatawan di Pemandian Air Panas. Teknik pengambilan sampel sebanyak 120 responden dengan menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data wawancara untuk mengetahui profil wisatawan. Kuesioner digunakan untuk memperoleh rata-rata luas, waktu yang dibutuhkan wisatawan, luas area wisata dan jam buka wisata. Dokumentasi untuk mengambil gambar kegiatan wisatawan. Pengukuran dilakukan untuk mengumpulkan data luas penggunaan lahan. Teknik analisis data menggunakan rumus dari Yulianda (2007) yakni menghitung Daya Dukung Kawasan disetiap area serta waktu tercapainya daya dukung menggunakan laju pertumbuhan wisatawan.

               Hasil penelitian menunjukkan bahwa DDK di kolam air panas dapat menampung sebesar 1.894 orang/hari, DDK kolam air dingin dapat menampung 272 orang/hari, DDK taman kelinci bisa menampung 826 orang/hari dan pada pasar wisata dapat menampung 360 orang/harinya. Nilai DDK secara keseluruhan yakni 3.352 orang/hari, dalam satu tahun dapat menampung maksimal 1.223.480 wisatawan. Waktu tercapainya daya dukung wisata Pemandian Air Panas pada tahun 2033. Oleh karena itu, pihak pengelola wisata masih memiliki peluang untuk menambah jumlah wisatawan sampai dengan beberapa tahun mendatang.

Kata Kunci: Wisata Pemandian Air Panas, Daya Dukung, Waktu Tercapainya Daya Dukung

Published
2023-09-13
Abstract Views: 58