ANALISIS DAYA DUKUNG LINGKUNGAN PARIWISATA OBJEK WISATA AGRO WONOSARI, MALANG, JAWA TIMUR

  • Nikmatus Sofia Unesa
  • Agus Sutedjo Unesa

Abstract

Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan pada Wisata Agro Wonosari merupakan dampak pengembangan objek wisata yang dilakukan. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dapat mengurangi kenyamanan wisatawan dalam berwisata serta menyebabkan kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai daya dukung lingkungan pariwisata pada Wisata Agro Wonosari dan waktu tercapainya nilai daya dukung lingkungan pariwisata.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan pada Wisata Agro Wonosari dengan sampel sebanyak 100 wisatawan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengambilan data observasi untuk mendapatkan data keanekaragaman vegetasi dan satwa liar, wawancara untuk mendapatkan data luas area wisata, jam operasional objek wisata, jumlah petugas wisata secara keseluruhan dan yang dibutuhkan, dokumentasi untuk mendapatkan data pengunjung tahun 2015-2019, data hari hujan, dan kegiatan wisatawan, kuesioner untuk mendapatkan data lama waktu kunjungan wisatawan dan kebutuhan area wisata untuk pengunjung berwisata, serta pengukuran untuk mendapatkan data penggunaan lahan dan kualitas jalan. Metode yang digunakan untuk menganalisis daya dukung lingkungan pariwisata terdiri dari analisis daya dukung fisik, riil, dan efektif. Untuk mengetahui waktu tercapainya daya dukung digunakan metode dekomposisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai daya dukung fisik sebesar 69.328 wisatawan/hari, nilai daya dukung riil sebesar 897 wisatawan/hari, dan nilai daya dukung efektif sebesar 843 wisatawan/hari. Hasil prediksi waktu tercapainya nilai daya dukung lingkungan pariwisata yaitu tahun 2086 dengan prediksi jumlah kunjungan wisatawan yaitu 897 wisatawan/hari. Oleh karena itu, daya dukung lingkungan pariwisata pada Wisata Agro Wonosari belum tercapai, sehingga pengelola wisata dapat melakukan pengembangan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 13,82% dalam kurun waktu 63 tahun mendatang.
Kata Kunci: Daya Dukung Lingkungan Pariwisata, Prediksi Jumlah Kunjungan, Metode Dekomposisi

Published
2023-10-10
Abstract Views: 25