Kajian Tingkat Pengetahuan Masyarakat terhadap Mitigasi Bencana Banjir Musiman di Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

  • Anggi Puspitasari Unesa
  • Dian Ayu Larasati Unesa

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang sering dilanda banjir dan seringkali menyebabkan kerugian infrastruktur dan harta benda bagi masyarakatnya. Dihimpun dari data Kajian Resiko Bencana Kota Surabaya, banjir merupakan bencana prioritas yang termasuk dalam kelas bahaya dan resiko tingkat tinggi. Kerugian yang dialami berdasarkan data Kajian Resiko Bencana Kota Surabaya meliputi jalan rusak atau berlubang, terendamnya pemukiman, serta kerusakan barang milik warga. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat terhadap bencana banjir, 2) bagaimana tingkat mitigasi bencana masyarakat terhadap bencana banjir.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian peneltian terdiri dari 4 kelurahan yang memiliki intensitas terdampak banjir paling sering berdasarkan data BPBD, yaitu kelurahan Wonorejo, Kelurahan Medokan Ayu, Kelurahan Penjaringansari, Kelurahan Kedung Baruk. Peneltian ini menggunakan teknik random sampling purposif, dengan jumlah responden sebanyak 71 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis persentase digunakan dalam menganalisis data penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat berada pada kategori baik dengan hasil perhitungan tingkat persentase 80%. Tingkat mitigasi bencana masyarakat terhadap bencana banjir musiman di kecamatan Rungkut berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 85%. Masyarakat juga menunjukkan perilaku dalam upaya pencegahan banjir seperti melakukan adaptasi dalam pembangunan hunian seperti mendirikan rumah dengan pondasi yang lebih tinggi dari jalan dan menggunakan material semen dan batu bata dalam pembangunan karena dianggap kokoh, serta adanya kerjasama dengan pemerintah berupa pengadaan kegiatan program Surabaya Bergerak dan Kelurahan Tangguh terhadap bencana.

Published
2023-10-26
Abstract Views: 49