PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 12 SURABAYA

  • Putri Pramelya Wardhani Unesa
  • Sukma Perdana Prasetya

Abstract

Abstrak
Permasalahan yang dihadapi negara salah satunya yaitu pendidikan, Peranan guru sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga guru dituntut memiliki ilmu yang luas dan mampu memanfaatkan teknologi modern. Kenyataannya guru belum sepenuhnya mampu menerapkan pembelajaran yang menarik. Hal ini menyebabkan siswa mudah bosan dan tidak dapat memahami materi yang diberikan oleh guru. Hasil wawancara dengan guru Geografi SMAN 12 Surabaya menunjukkan pembelajaran di kelas XI IPS menggunakan metode ceramah hingga berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Solusi mengatasinya, perlu penggunaan media pembelajaran video animasi melibatkan siswa jadi imajinatif, dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan media video pembelajaran animasi pada mata pelajaran geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 12 Surabaya, dan meganalisis hasil belajar siswa setelah penerapan media video pembelajaran animasi, dan menganalisis efektifitas pembelajaran geografi pada materi Keragaman Budaya Indonesia dengan penerapan media pembelajaran animasi ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol nonekuivalen. Tes, dokumen, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 menjadi subjek penelitian. Uji N-Gain dan uji t sampel berpasangan digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Mengkuantifikasi peningkatan hasil belajar siswa diukur melalui uji paired sample t test dengan nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0.0000 < 0.05 artinya ada perbedaan dan peningkatan penerapan media pembelajaran video animasi. Nilai rata-rata N-Gain kelas IPS 1 sebesar 0.56 dan IPS 2 sebesar 0.47 berada dikategori sedang / efektif untuk membantu meningkatkan hasil belajar jika menggunakan media pembelajaran video.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar

One of the problems facing the country is education. The role of teachers is very important in the learning process, so teachers are required to have extensive knowledge and be able to utilize modern technology. In reality, teachers are not yet fully able to implement interesting learning. This causes students to get bored easily and not be able to understand the material provided by the teacher. The results of interviews with the Geography teacher at SMAN 12 Surabaya showed that learning in class XI IPS used the lecture method which had an effect on low student learning outcomes. The solution to overcome this is to use animated video learning media to involve students in being imaginative and innovative. The aim of this research is to analyze the feasibility of animated learning video media in the geography subject Indonesian Cultural Diversity Material on the learning outcomes of class XI students at SMAN 12 Surabaya, and analyzing student learning outcomes after implementing animated learning video media, and analyzing the effectiveness of geography learning on Indonesian Cultural Diversity material with the application of animated learning media in terms of student learning outcomes. This type of research is quantitative quasi-experimental research with a non-equivalent control group design. Tests, documents, and questionnaires are used to collect data. Class XI IPS 1 and class XI IPS 2 were the research subjects. The N-Gain test and paired samples t test were used to analyze the data. The research results show that the application of animated video learning media can improve student learning outcomes. Quantifying the increase in student learning outcomes is measured through the paired sample t test with a sig value. (2-Tailed) of 0.0000 < 0.05 means there is a difference and increase in the application of animated video learning media. The average N-Gain value for IPS 1 class is 0.56 and IPS 2 is 0.47, which is in the medium / effective category to help improve learning outcomes when using video learning media.

Published
2023-11-21
Abstract Views: 11