ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN TEKNOLOGI QRIS OLEH PEDAGANG PASAR KRIAN DAN SEPANJANG DI KABUPATEN SIDOARJO

  • Giovani Ivan Indra Purnama Unesa
  • Dr. Rindawati M. Si Unesa

Abstract

Revolusi industri 4.0 menjadikan pembayaran digital semakin berkembang. Pandemi menjadi aspek pendorong semakin berkembangnya pembayaran digital seperti QRIS di Indonesia. Pasar menjadi lokasi yang dianjurkan untuk menggunakan QRIS sebagai opsi pembayaran saat pandemi terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan 1) mencari tau karakteritik pedagang pasar krian dan sepanjang yang menggunakan QRIS 2) mencari tau tingkat pengaruh faktor manfaat, kemudahan, kepercayaan, ekspektasi pendapatan, resiko yang mempengaruhi minat penggunaan teknologi QRIS 3) mencari tau faktor yang paling mempengaruhi minat penggunaan teknologi QRIS.

Lokasi penelitian akan dilakukan dipasar tradisional kabupaten sidoarjo, pasar krian dan pasar sepanjang dengan masing-masing 50 sampel responden di setiap lokasi. Pemilihan sampel responden menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mencari tau karakteristik pedagang yang menggunakan QRIS di pasar krian dan sepanjang, dan menggunakan teknik analisis regresi logistik untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat penggunaan QRIS oleh pedagang di pasar krian dan sepanjang.

Hasil penelitian menemukan bahwa karakteristik pedagang yang menggunakan QRIS pada dua lokasi tersebut memiliki kesamaan pada faktor umur, pendidikan terakhir, jenis pedagang, umur usaha, serta lama menggunakan QRIS. Perbedaan terlihat pada faktor jenis kelamin serta platform mitra QRIS yang digunakan. Hasil uji chi square menunjukan bahwa variabel bebas yang mempengaruhi minat penggunaan QRIS dipasar krian yakni variabel kemudahan, kepercayaan, dan ekpektasi pendapatan. Sedangkan dipasar sepanjang semua variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. Berdasarkan uji regresi logisti berganda didapatkan bahwa variabel kemudahan memiliki tingkat pengaruh yang paling signifikan terhadap minat penggunaan QRIS oleh pedagang di pasar krian dan pasar sepanjang kabupaten sidoarjo.

Published
2023-12-13
Abstract Views: 28