DINAMIKA PERUBAHAN PENUTUPAN LAHAN DI KABUPATEN GRESIK TAHUN 2001-2022

  • Irfan Imam Syahroni Unesa
  • Dr. Eko Budiyanto, S.Pd., M.Si. Unesa

Abstract

Data RTRW Kabupaten Gresik 2010-2030, terjadi penurunan terhadap pemanfaatan ruang berupa lahan tambak, tanah kering dan lahan sawah pada periode 2002-2008. Kemampuan analisis perubahan penutupan lahan suatu wilayah menjadi hal yang penting untuk dikaji. Peningkatan teknologi, ketersediaan data dan metode yang baru dapat membantu identifikasi perubahan penutupan lahan yang lebih efisien. Tujuan penelitian untuk 1) mengidentifikasi perubahan penutupan lahan tahun 2001-2022 di wilayah Kabupaten Gresik 2) menghasilkan informasi bagi kegiatan perencanaan pengelolaan lingkungan di Kabupaten Gresik.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Gresik. Populasi ialah keseluruhan unit penutupan lahan di Kabupaten Gresik. Pengambilan sampel secara purposive sampling, setiap jenis penutup lahan pada wilayah kajian diambil sejumlah 3 titik. GPS digunakan untuk menentukan koordinat dan software QGIS untuk mengolah data spasial. Data primer dari citra Landsat 7 ETM+ tahun 2001, citra Landsat 8 OLI tahun 2017 dan 2022. Observasi dilakukan dalam foto kenampakan objek. Analisis data menggunakan koreksi radiometrik, geometrik, overlay, klasifikasi terbimbing dan uji validasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penutupan lahan di Kabupaten Gresik tahun 2001 didominasi oleh tipe penutupan lahan vegetasi kecil-sedang 50.716 ha. Penutupan lahan terbesar tahun 2017 adalah vegetasi kecil-sedang 56.758 ha. Pada tahun 2022 penutupan lahan terbesar adalah vegetasi kecil-sedang 49.057 ha. 2) Penutupan lahan perikanan mengalami penurunan luasan, lahan basah juga mengalami perubahan ke vegetasi kecil-sedang, lahan terbuka mengalami peningkatan luasan, lahan vegetasi kecil-sedang memiliki pertambahan dan penurunan, lahan terbangun selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, sedangkan penutupan vegetasi kanopi sedang-besar mengalami penurunan luasan dan perubahan menjadi vegetasi kecil-sedang

Kata kunci : lahan, penutupan lahan, klasifikasi terbimbing

Published
2024-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 39