TINGKAT ATRAKSI, AMENITAS, AKSESBILITAS DAN STRATEGI PENGEMBANGAN UNTUK TAMAN TIRTA WISATA KEPLAKSARI

  • Diah Adiningsih Unesa
  • Drs. Agus Sutedjo, M.Si. Unesa

Abstract

Taman Tirta Wisata Keplaksari merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Jombang. Wisata ini memiliki daya tarik utama berupa kolam renang, kolam pancing, taman bermain, balai apung, panggung hiburan dan monument pesawat. Namun jumlah pengunjung di Taman Tirta Wisata Keplaksari lebih rendah dibandingkan dengan objek wisata lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat daya tarik atraksi, tingkat kelayakan amenitas, tingkat aksesbilitas dan strategi pengembangan wisata yang tepat untuk Taman Tirta Wisata Keplaksari.

Jenis penelitian ini menggunkan penelitian deskriptif dengan metode survei dan pendekatan kuantitatif. Sampel sejumlah 100 responden, dengan teknik accidental sampling untuk menentukan responden. Variabel penelitian meliputi atraksi, amenitas, aksesbilitas, faktor internal dan faktor eksternal. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dengan panduan kuesioner, pengukuran dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui teknik skoring menggunakan skala likert untuk atraksi, amenitas, dan aksesbilitas, kemudian analisis SWOT untuk menentukkan strategi pengembangan wisata yang tepat pada Taman Tirta Wisata Keplaksari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Tirta Wisata Keplaksari berada pada tingkat daya tarik atraksi yang termasuk dalam kategori cukup, tingkat kelayakan amenitas dalam ketegori layak, dan tingkat aksesbilitas dalam ketegori mudah dijangkau. Strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan kembali minat kunjung wisatawan adalah dengan penerapan strategi pertumbuhan agresif. Strategi yang disarankan diantaranya: mengadakan event budaya daerah secara rutin pada atraksi panggung hiburan, pengoptimalan atraksi wisata dari aspek fisik maupun non-fisik dan meningkatkan kualitas menajemen pengelolaan wisata oleh pengelola.

Kata Kunci: Atraksi, Amenitas, Aksesbilitas, Strategi Pengembangan

Published
2024-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 16